Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Dan Rpp


1.      Silabus
      Silabus merupakan pola pengembangan RPP yang memuat  identitas mata pelajaran, SK, KD, bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian  kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber  berguru (Depdiknas 2007). Pada dasarnya silabus merupakan uraian yang lebih rinci mengenai kompetensi dasar, bahan standar dan hasil berguru yang harus dimiliki oleh penerima didik sehubungan dengan suatu mata pelajaran (Mulyasa 2003). Silabus sanggup dikembangkan oleh guru secara mandiri, berkelompok dalam satu sekolah maupun dalam beberapa sekolah. Penyusunan silabus mengacu pada standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
2.      Rencana pelaksanaan pembelajaran
      Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan perencanaan pendek perihal apa yang akan dilakukan guru dikala pembelajaran. RPP dijabarkan dari silabus untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap guru berkewajiban menyusun RPP dengan lengkap dan sistematis biar pembelajaran berlangsung interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan kesempatan yang cukup bagi kreatifitas, kemandirian, bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa (Depdiknas 2007). Komponen RPP antara lain identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, bahan ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, acara pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan sumber belajar. Penyusunan RPP dilakukan untuk satu pertemuan atau lebih. RPP merupakan upaya untuk memperkirakan tindakan yang akan dilakukan dalam acara pembelajaran (Mulyasa 2003). Prinsip-prinsip penyusunan RPP menurut Depdiknas (2007) antara lain:
1.      Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
RPP disusun dengan memperhatikan latar belakang penerima didik yang berbeda-beda.
2.      Mendorong partisipasi aktif penerima didik
Proses pembelajaran dirancang berpusat pada penerima didik untuk mendorong berkembangnya kemampuan esensial.
3.      Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk menyebarkan kegemaran siswa untuk membaca dan kemampuan siswa dalam menulis.
4.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan untuk memberi umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
5.      Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan  keterpaduan antara SK, KD, bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
6.      Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif.


            Perangkat pembelajaran berbasis POGIL merupakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan memperhatikan dasar-dasar metode pembelajaran POGIL. Perangkat pembelajaran ini memperhatikan komponen proses dan komponen isi dari acara belajar. Dirancang biar siswa lebih aktif dalam acara berguru mengajar sehingga tercipta pembelajaran yang bersifat student-centered learning.

Bagi teman-teman yang ingin download contoh Silabus dan RPP biologi klik link di bawah ini

Daftar Pustaka:
Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Mulyasa E. 2003. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung : Remaja  Rosdakarya.

Posting Komentar untuk "Silabus Dan Rpp"