Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit-Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk

Beberapa penyakit sanggup muncul lantaran gigitan nyamuk. Hewan ini sanggup membuatkan banyak sekali jenis virus maupun mikroorganisme dari seorang penderita ke penderita yang lain. Tidak semua nyamuk akan menghisap darah manusia, nyatanya hanya nyamuk betina yang menghisap dan memakan darah manusia. Sedangkan nyamuk jantan biasanya akan memakan cairan-cairan menyerupai nektar dan sejenisnya. Karena kegemarannya menghisap darah dari satu orang ke orang lain inilah yang mengakibatkan mereka sanggup menularkan bibit penyakit tertentu.

Menurut American Mosquito Control Association (AMCA) terdapat sekitar 3000 jenis nyamuk di dunia. Dari sekian banyak nyamuk tersebut hanya beberapa saja yang sanggup menjadi vektor penyebar penyakit. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ialah sebagai berikut.

Malaria
Nyamuk Anopheles sanggup membawa Plasmodium malariae di dalam tubuhnya, Plasmodium akan menginfeksi darah insan dan mengakibatkan penyakit malaria. Gejala malaria hanpir menyerupai dengan tanda-tanda influenza, namun dengan kondisi yang lebih parah. Penyakit ini sanggup mengakibatkan anemia dan selesai hidup pada penderita.

Demam berdarah
Aedes aegypti merupakan pembawa virus dengue penyebab demam berdarah. Virus dengue akan mengakibatkan demam parah pada penderita disertai dengan sakit perut dan diare. Penyakit ini ditandai dengan muncul bintik-bintik merah pada badan penderita. Penyakit ini mengakibatkan banyak selesai hidup setiap tahun di negara tropis menyerupai Indonesia.

Chikungunya
Selain demam berdarah, Aedes aegypti juga menjadi penyebab penularan chikungunya. Penyakit ini akan mengakibatkan demam disertai dengan nyeri pada persendian dan tulang sehingga sering disebut sebagai flu tulang. Penyebab penyakit ini ialah virus chikungunya.

Demam kuning
Penyakit ini juga disebabkan oleh gigitan Aedes aegypti yang membawa virus dari keluarga flaviviridae. Gejala penyakit ini ialah demam disertai mual dan nyeri pada tubuh. Penderita juga akan mengalami kulit yang menguning lantaran kerusakan hati yang ditimbulkannya.

Filariasis/Kaki gajah
Penyakit ini tanggapan dari cacing Wuscheria bancrofti yang disebarkan oleh jenis nyamuk tertentu. Cacing tersebut akan bersarang pada pembuluh limfatik dan akan mengakibatkan tertimbunnya cairan limfa di kaki. Cairan yang tertimbun akan mengakibatkan kaki membesar sehingga disebut kaki gajah.

Posting Komentar untuk "Penyakit-Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk"