Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berawal Dari Mimpi Menghasilkan Inovasi Luar Biasa

Berawal dari Mimpi menghasilkan Penemuan Luar Biasa Mimpi merupakan pengalaman atau bencana bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya pada ketika kita tidur. Tapi tahukah anda, mimpi juga sanggup mengilhami terjadinya sesuatu yang nyata, menyerupai yang terjadi pada peneliti-peneliti ini. Penemuan-penemuan mereka yang sangat berkhasiat hingga ketika ini ternyata awalnya berasal dari bunga tidur yang terus mereka kembangkan. Siapa saja peneliti tersebut?
 

Konsep Model Atom (Niels Bohr)

Niels Bohr merupakan mahir fisika dari Denmark yang lahir pada 7 Oktober 1885. Dia pernah meraih Nobel Fisikan pada tahun 1922 terkait penelitiannya mengenai atom. Bohr melaksanakan penelitian ihwal bentuk dan struktur atom yang pada ketika itu belum ada yang bisa menjelaskan secara detail dalam konsep yang nyata. Pada ketika itu Bohr sukses menjelaskan ihwal struktur atom tersebut.

 Berawal dari Mimpi menghasilkan Penemuan Luar Biasa  Berawal dari Mimpi menghasilkan Penemuan Luar Biasa
Gambar Model Atom Bohr
Konsep atom yang bisa dipahami banyak orang tersebut ternyata ia peroleh dari hasil tidur, Pada suatu ketika ketika Bohr kelelahan dan jadinya tertidur ia mendapat citra unik dalam mimpinya. Dalam mimpi ia melihat sebuah struktur tata surya yang terus bergerak. Berbekal citra mimpi tersebut ia berusaha menariknya menjadi suatu konsep atom, dan hebatnya konsep melalui mimpi tersebut telah menjadikannya sebagai salah satu penemu yang sangat hebat. Hasil inovasi Bohr tersebut merupakan cikal bakal ilmu yang membahas lebih mendetail ihwal atom hingga kini ini.

Tabel Periodik Unsur Kimia (Dmitri Mendeleev)

Apakah anda pernah berguru kimia? Jika pernah niscaya tahu ihwal unsur kimia yang terdapat pada tabel periodik unsur. Tabel periodik unsur diciptakan oleh Dmitri Mendeleev, ilmuan besar yang berasal dari Rusia. Ternyata ilmuan kelahiran 8 Februari 1834 ini membuat tabel unsur kimia tersebut diawali dari mimpi.

Mendeleev membuat tabel unsur kimia dengan menggolongkan berdasar komponen dan juga berat. Namun dalam penelitian penggolongannya tersebut ia mengalami beberapa kesalahan dan hampir putus asa alasannya yaitu tidak menemukan apa yang ia cari. Akhirnya alasannya yaitu kelelahan dan merasa putus asa Mendeleev pun tidur untuk mengistirahatkan pikirannya. Dan tidak disangka dalam tidurnya ia bermimpi melihat visualisasi dari penelitian yang sedang ia jalani. Saat terbangun Mendeleev kemudian menggambar menyerupai yang ia lihat dalam mimpinya tersebut. Akhirnya terciptalah Tabel Periodik Unsur menyerupai yang kita pakai ketika pelajaran kimia kini ini.

Konsep Pembuktian Matematika (Srinivasa Ramanujan)

Srinivasa Ramanujan merupakan ilmuan matematika India yang lahir pada 22 Desember 1887. Dia dikenal orang alasannya yaitu kemampuannya dalam menemukan konsep gres ihwal pembuktian matematika. Tapi dibalik itu semua, ternyata hasil pembuktian yang ia dapatkan tidak semuanya berasal dari pendidikan resmi terkait matematika. Kebanyakan konsep matematika yang ia dapatkan berasal dari pembuktian apa yang ia pikirkan dan juga dari hasil mimpinya. Saat ia terbangun dari mimpi, Srinivasa eksklusif menuliskannya dalam kertas. Salah satu teori yang paling populer dari Srinivasa yaitu "Dugaan Ramanujan dan formula bilangan tak terhingga dari Pi".

Insulin Sebagai Obat Diabetes (Frederick Banting)

Tahukah anda mengapa setiap tanggal 14 November diperingati sebagai hari diabetes di seluruh dunia? Ternyata hal tersebut untuk memperingati dan mengenang jasa dari Frederick Banting dalam pengobatan diabetes. Frederick Banting memprakarsai penggunaan insulin pada insan untuk kepentingan pengobatan diabetes.

Awalnya ia tidak pernah berpikiran akan hal tersebut, tapi pada suatu waktu ketika ia tidur di rumahnya, ia bermimpi dan mendapat sebuah pencerahan akan fungsi insulin untuk mengendalikan penyakit diabetes pada manusia, hal ini belum terpikirkan sama sekali oleh ilmuan-ilmuan lainnya. Setelah terbangun, Frederick segera melaksanakan eksperimen terkait mimpinya tersebut, dan benar saja insulin sangat baik bagi insan penderita diabetes. Karena inovasi hebatnya tersebut, pada tahun 1923, Frederick mendapat sebuah penghargaan Nobel pada kategori Fisiologi dan Obat. Penemuanya hingga ketika ini telah membantu banyak orang di dunia.

Teori Relativitas (Albert Einstein)

Siapa yang tidak tahu dengan nama Albert Einstein? Salah satu ilmuan hebat dari periode 20, Einstein yang merupakan kelahiran 14 Maret 1879 ini sangat berdidikasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Banyak teori yang dicetuskan oleh ilmuan ini, salah satu yang sangat populer yaitu teori relativitasnya. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa teori ini ia sanggup dari citra bencana ketika ia tengah bermimpi.

Teori Relativitas membahas ihwal kecepatan cahaya dalam bergerak. Teori ini menyampaikan bahwa gravitasi bukan lagi merupakan sebuah gaya. Gravitasi yaitu manifestasi dari kelengkungan ruang dan waktu. Berkat sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan Einstein dianugerahi Nobel dalam bidang fisika pada tahun 1921. "Teori relativitas Einstein" ini sangat berkhasiat terutama bagi para peneliti yang bergerak dalam bidang astronomi dan antariksa.

Struktur Benzene (August Kekule)

Friedrich August Kekulé von Stradonitz begitulah nama lengkap peneliti kimia asal Jerman ini. Pria kelahiran 7 September 1829 ini populer alasannya yaitu bisa menjelaskan bagaimana 6 atom karbon molekul benzena berikatan dengan 6 atom hidrogen. Tapi tahukah anda ide ihwal pembagian terstruktur mengenai struktur Benzene ini ia dapatkan dari mimpi. Dalam mimpinya August Kekule melihat seekor ular yang berukuran sangat besar, kemudian ular itu menggigit ekornya sendiri, menyerupai simbol dari Ouroboros.

Awalnya mimpi itu hanya sebuah mimpi yang tidak ia anggap penting, tapi lambat laun ia menemukan pencerahan dan ide dari mimpi tersebut. Bentuk dari Ouroboros sangat menyerupai dengan struktur Benzene. Dengan enam atom karbon yang mengelilingi sebuah segi enam beraturan. Saat ini penggunaan dari Benzene memang dihindari alasannya yaitu mengakibatkan kanker. Sekarang struktur Benzene hanya dipakai untuk meneliti struktur lain yang masih sejenis.

Chemical Neurotransmission (Otto Loewi)

Otto Loewi seorang ilmuan Jerman kelahiran 3 Juni 1873 ini juga merupakan salah satu peneliti yang mendapat ide dari mimpi. Pada tahun 1921, Otto Loewi yang merupakan seorang ilmuan dibidang farmakologi bermimpi bahwa ia sedang meneliti ihwal sebuah percobaan. Saat terbangun ia mencoba menuliskannya pada sebuah kertas. tapi sayangnya ia tidak ingat apa yang telah ia mimpikan. Saat ia kembali tidur, ia bermimpi lagi hal yang sama. Untuk kali ini Otto benar-benar ingat, bahkan ia memulai percobaannya hingga menemukan sebuah konsep dasar ihwal Chemical Neurotransmission.

Dalam percobaannya ia memakai hati dari katak. Dari percobaannya tersebut menerangkan kalau ada sebuah reaksi kimia yang ditimbulkan saraf dalam melanjutkan sebuah rangsangan. Penemuan hebat dalam bidang saraf ini membuat Otto mendapat penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1936.

Konstruksi "SASRABAHU" (Ir. Sukawati)

Ir. Sukawati bermimpi mengenai tekanan yang dipakai untuk memutar landasan jalan tol yaitu 78 kg/cm2, dan ketika diuji di laboratorium, angka yang muncul yaitu 78,05 kg/cm2 atau meleset 0,05 kg/cm2. Sampai kini sesudah konstruksi itu populer dan menjadi konstruksi utama jalan jalan tol di dunia, angka 78,05 kg/cm2 masih jadi misteri, dan hebatnya, angka itu tidak pernah dikutak katik, bahkan oleh engineer-engineer luar negeri yang populer handal sekalipun.

Sumber : Lokerboy & googling

Posting Komentar untuk "Berawal Dari Mimpi Menghasilkan Inovasi Luar Biasa"