Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Undur-Undur Yang Tak Punya Dubur

undur yakni binatang kecil yang mempunyai cara Undur-Undur yang Tak Punya Dubur
Larva undur-undur
Undur-undur yakni binatang kecil yang mempunyai cara  hidup sangat unik. Larva undur-undur akan tinggal di dalam pasir dan membangun jebakan untuk menangkap mangsanya berupa serangga kecil. Makanan utama undur-undur yakni semut, oleh jadinya di eropa, undur-undur disebaut dengan nama antlion atau singa semut (pemangsa semut).

Jebakan undur-undur berbentuk cekungan pasir yang seakan-akan dengan pasir hisap. Ketika ada semut yang lewat di jebakan tersebut, undur-undur akan menangkapnya dengan capit yang terdapat pada kepalanya. Seandainya semut tersebut berhasil lolos dari capitnya, undur-undur akan melempari semut dengan pasir sehingga semut tersebut tergelincir dan jatuh ke dalam lubang.

undur yakni binatang kecil yang mempunyai cara Undur-Undur yang Tak Punya Dubur
Undur-undur dewasa
Selain cara hidupnya yang asing itu, ternyata undur-undur yakni binatang yang tidak mempunyai anus (dubur) untuk membuang sisa pencernaannya. Makara sisa-sisa masakan yang telah dicerna tidak dibuang namun tetap disimpan di dalam tubuhnya. Tidak sanggup dibayangkan apabila insan tidak mempunyai anus, dan semua kotorannya disimpan dalam tubuhnya, akan menjadi seberapa besar perutnya?

Undur-undur gres mengeluarkan kotoran yang disimpannya dikala mereka telah berubah menjadi menjadi undur-undur sampaumur yang bersayap dan mempunyai anus. Undur-undur sampaumur mempunyai bentuk yang seakan-akan capung, namun dilengkapi dengan antena pendek di kepalanya. Larva undur-undur sanggup bertahan di dalam tanah selama bertahun-tahun namun mereka hanya hidup beberapa hari sampai 1 bulan dalam bentuk undur-undur sampaumur bersayap.

Posting Komentar untuk "Undur-Undur Yang Tak Punya Dubur"