Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penampang Selaput Bawang Merah

Selaput bawang merah kerap dijadikan materi praktikum untuk mengetahui struktur sel secara sederhana di sekolah. Selaput bawang merah dipilih alasannya gampang dicari dam dipersiapkan sehingga siswa Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengan Atas tidak kesulitan dalam mempraktikkannya.

Selaput bawang merah sanggup diambil dari permukaan dalam maupun permukaan luar dari lembaran bulbus bawang merah. Selaput ini sanggup ditarik dengan santunan pinset maupun dengan tangan kosong memakai kuku yang agak panjang. Selaput tersebut lalu diamati di bawah mikroskop sebagai materi pembelajaran bagi siswa.

Pada selaput ini, siswa tidak sanggup melihat struktur lengkap dari organel sel. Siswa hanya sanggup melihat bentuk sel, dinding sel, nukleus (inti sel), dan sitoplasma saja. Selaput bawang merah sangat baik dipakai biar siswa mengetahui bentuk sel-sel selaput bawang merah dan adanya nukleus dalam sel.

Penampang selaput bawang merah ialah sebagai berikut.

Dalam gambar tersebut nampak sekali bentuk dari sel-sel yang menyusun selaput bawang merah. Organel-organel sel lain selain nukleus tidak nampak dalam selaput bawang merah dengan metode pengamatan sederhana. Untuk sanggup melihat organel sel secara lengkap, perlu dilakukan tindakan perwarnaan organel sel sehingga nampak dalam mikroskop.

Posting Komentar untuk "Penampang Selaput Bawang Merah"