Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Buaya, Alligator, Caiman, Dan Gharial

Terdapat 13 spesies buaya di dunia, 2 spesies alligator, 6 spesies caiman, dan 2 spesies gharial. Mereka semua termasuk ordo crocodilia dalam kelompok besar reptil. Buaya, alligator, dan caiman mempunyai morfologi yang menyerupai sehingga cukup sulit untuk dibedakan. Caiman berbeda dengan yang lain, mempunyai rahang yang cukup ramping sehingga membedakannya dengan teman-temanya.

Tubuh keempat jenis reptil tersebut tidak mempunyai perbedaan jauh, perbedaan antara keempatnya sanggup diketahui dari lisan mereka. Perbedaan dalam lebar rahang dan gigi yang nampak dikala lisan tertutup merupakan ciri identifikasi yang paling gampang dikenali. Perbedaan antara buaya, alligator, caiman, dan gharial yaitu sebagai berikut.

Buaya mempunyai rahang dengan ujung cukup meruncing, berbeda dengan aligator dan dan caiman yang mempunyai rahang cukup lebar di bab ujungnya. Gharial sangat berbeda dengan yang lainnya, dimana mereka mempunyai rahang yang sangat ramping alasannya masakan gharial yaitu ikan, rahang yang ramping memudahkannya menangkap ikan dengan cepat dan tangkas.

Urut dari kiri, lisan buaya, alligator, gharial
Bentuk lisan buaya menyerupai aksara V sedangkan alligator dan caiman mempunyai bentuk lisan menyerupai aksara U. Gharial mempunyai bentuk paling ramping menyerupai aksara I.

Perbedaan mencolok lain terletak pada gigi mereka. Saat lisan dalam keadaan tertutup, gigi dari rahang bawah dan rahang atas buaya akan nampak dan sanggup terlihat dengan jelas. Sedangkan aligator dan caiman hanya gigi bab atas saja yang nampak dikala lisan dalam keadaan tertutup. Perbedaan antara alligator dan caiman terletak pada ukuran giginya. Caiman mempunyai gigi yang lebih panjang dan lebih tajam dengan ujung yang runcing jika dibandingkan dengan alligator. Sedangkan gharial mempunyai gigi yang lebih ramping dan runcing dibandingkan teman-temannya.


Saat lisan tertutup, gigi dari rahang atas dan rahang bawah pada buaya akan napak saling berselang-seling.







Berbeda dengan buaya, dikala lisan alligator tertutup hanya gigi dari rahang atasnya saja yang akan nampak.



Caiman mempunyai ciri yang menyerupai dengan alligator, namun caiman mempunyai gigi yang lebih runcing dibandingkan dengan alligator.


Gharial, mempunyai morfologi mlut yang sangat berbeda dengan ketiga teman-temanya, gigi gharial sangat ramping dan runcing.








Dari keempat jenis reptil tersebut, buaya dan gharial mempunyai ukuran yang cukup besar. Caiman merupakan jenis yang paling kecil dari keempatnya. Buaya, aligator, dan gharial biasa diambil kulitnya untuk dijadikan sepatu, tas dan cinderamata yang lain. Caiman jarang diburu kulitnya alasannya mempunyai struktur kulit yang lebih keras sehingga sulit dalam proses penyamakan untuk dijadikan barang tertentu. 

Posting Komentar untuk "Perbedaan Buaya, Alligator, Caiman, Dan Gharial"