Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Junai Mas, Merpati Raksasa

Merpati umumnya berukuran sedang, sekitar 20 sampai 25 cm, namun ada juga merpati liar Indonesia yang mempunyai ukuran cukup besar mencapai 40 cm. Keluarga merpati ini disebut dengan nama junai mas, mereka mempunyai badan yang cukup gempal dan besar dan disebut-sebut sebagai salah satu merpati berukuran raksasa.

 namun ada juga merpati liar Indonesia yang mempunyai ukuran cukup besar mencapai  Junai Mas, Merpati Raksasa

Junai mas mempunyai ciri khusus berupa bulu leher yang panjang dan menjuntai, warna tubuhnya abu-abu gelap mengkilap dengan bab punggung dan sayap hijau dengan kilau keemasan. Karena kilauan bulunya ini, mereka diberi nama junai “mas”. Burung yang mempunyai nama ilmiah Caloenas nicobaria ini mempunyai ekor pendek dan kadang nampak tak berekor sama sekali, kakinya panjang yang berpengaruh untuk menahan tubuhnya yang besar.

Hidupnya lebih sering dihabiskan di permukaan tanah, mencari buah dan serangga kecil sebagai makanannya. Mereka sanggup terbang cukup jauh namun tidak secepat dan selama burung merpati pada umumnya. Saat siang hari, mereka lebih sering beristirahat di dahan-dahan rendah dan gres aktif mencari makan sesudah senja tiba dan suhu udara telah menurun.

Di Indonesia mereka sanggup ditemukan di pulau-pulau lepas pantai menyerupai Kangean, Karimunjawa, Mentaur, dan sekitar Papua. Burung ini masuk dalam kategori langka dan dilindungi undang-undang, sehingga perburuan terhadap jenis ini dihentikan dengan bahaya eksekusi denda dan kurungan penjara.

Posting Komentar untuk "Junai Mas, Merpati Raksasa"