Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Ekstraksi Dengan Ekstraktor Soxhlet

Ekstraktor soxhlet yaitu alat yang dipakai untuk mengekstraksi suatu senyawa dari material padatnya. Alat ini ditemukan oleh Franz von Soxhlet pada tahun 1879 dan pada awalnya hanya dipakai untuk mengekstraksi lemak dari material padatnya. Suatu senyawa yang mempunyai kelarutan yang sangat spesifik dengan larutan tertentu sanggup dipisahkan dengan gampang dengan proses filtrasi sederhana. Namun apabila senyawa tersebut mempunyai kelarutan yang terbatas, sanggup dipakai ekstraktor soxhlet untuk memisahkan senyawa tersebut dari material asalnya.

Dalam soxhlet akan dipakai pelarut yang berfungsi melarutkan senyawa yang akan diekstraksi. Pelarut ini  biasanya yaitu larutan yang bersifat non polar menyerupai metana. Pelarut tersebut akan diuapkan lalu dembunkan. Embun hangat yang mengenai material padat akan menjadikan senyawa yang dikandungnya larut bersama larutan tersebut. Perhatikanlah gambar ekstraktor soxhlet di bawah ini.

Bagian-bagian ekstraktor soxhlet
Ekstraktor soxhlet yaitu alat yang dipakai untuk mengekstraksi suatu senyawa dari mater Metode Ekstraksi dengan Ekstraktor Soxhlet

  1. Stirrer, biar panas tersebar merata
  2. Tabung distilasi, sebagai wadah untuk pelarut
  3. Saluran uap distiasi
  4. Tudung bahan
  5. Tempat material padat
  6. Sifon atas
  7. Saluran sifon keluar
  8. Penyambung
  9. Kondenser, untuk mengembunkan uap
  10. Saluran air pendingin masuk
  11. Saluran air pendingin keluar.

Langkah-langkah penggunaan ekstraktor soxhlet


  1. Bungkus materi padat yang akan diekstrak dengan kertas saring
  2. Masukkan materi padat pada tempatnya
  3. Masukkan pelarut pada tabung distilasi
  4. Rangkai alat soxlet sesuai dengan gambar dan jangan lupa menyambung condenser dengan keran air
  5. Panaskan tabung dengan reflux
  6. Suhu pemanas harus lebih rendah dari titik didih senyawa yang akan diekstraksi

Ekstraktor soxhlet yaitu alat yang dipakai untuk mengekstraksi suatu senyawa dari mater Metode Ekstraksi dengan Ekstraktor Soxhlet
Setelah pelarut mencapa titik didihnya, pelarut tersebut akan menguap dan naik ke atas. Ketika uap mencapai condenser, uap akan mengembun dan lalu membentuk tetesan-tetesan air. Tetesan air ini akan jatuh menuju ruangan daerah materi padat, sedikit demi sedikit.

Ruang materi padat secara perlahan terus terisi dengan tetesan pelarut, hal ini memungkinkan senyawa-senyawa tertentu yang diinginkan larut pada pelarut. Ketika pelarut telah memenuhi ruangan bahan, sifon akan bekerja dan mengeluarkan seluruh pelarut menuju tabung distilasi kembali. Metode pengeluaran ini menyerupai dengan kerja selang yang dipakai untuk menyedot air di kolam mandi. Untuk lebih terang perhatikanlah animasi dalam link berikut ini. Animasi soxhlet.

Bahan padat dibungkus kertas saring biar material padat tidak ikut larut bersama pelarut. Satu siklus soxhlet berakhir ketika sifon mengeluarkan seluruh isinya menuju tabung distilasi. Siklus tersebut dilakukan berulang-ulang sampai seluruh senyawa yang diinginkan terekstraksi.

Ekstraktor soxhlet akan menghemat penggunaan pelarut, alasannya sanggup dipakai berulang-ulang. Senyawa yang telah terlarut tidak akan ikut menguap ketika dipanaskan alasannya suhu reflux telah diatur di bawah titik didih senyawa.

Posting Komentar untuk "Metode Ekstraksi Dengan Ekstraktor Soxhlet"