Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah Di Semarang

Semarang merupakan salah satu kota tujuan kuliah terutama bagi siswa yang tinggal di tempat Jawa Tengah. Siswa tertarik untuk kuliah di Semarang alasannya yakni di kota ini banyak terdapat Universitas Negeri dan Swasta dengan kualitas yang baik dan mempunyai nama besar. Kota ini mempunyai 7 universitas negeri dan puluhan universitas swasta yang sanggup menjadi pilihan kuliah bagi siswa.

Apabila membicarakan soal kuliah di Semarang, topik pembicaraan tidak akan lepas dari 2 universitas negeri ini, UNDIP dan UNNES. Mengapa UNDIP dan UNNES? Karena keduanya yakni universitas yang telah terakreditasi baik dan merupakan universitas berkualitas di Semarang. Setiap tahun pedoman gres ada puluhan ribu siswa yang saling berkompetisi untuk diterima kuliah di keduanya. Berikut ini yakni klarifikasi singkat wacana kedua universitas tersebut.

Universitas Diponegoro (UNDIP)
UNDIP merupakan universitas pertama yang dibangun di semarang dan menjadi universitas yang sangat diminati alasannya yakni banyaknya jurusan yang tersedia. UNDIP merupakan universitas research semacam UGM dan UI, mereka menitikberatkan pendidikannya pada bidang-bidang ilmu murni. DI sini mahasiswa sanggup mencar ilmu ilmu-ilmu murni menyerupai kedokteran, peternakan, biologi, fisika, ekonomi, sastra inggris dan masih banyak lagi.

Universitas Negeri Semarang (UNNES)
UNNES yakni kepingan kampus UNDIP yang karenanya menjadi universitas sediri. UNNES dulunya yakni fakultas pendidikan dari UNDIP yang lalu menjadi berdikari dan bermetamorfosis IKIP negeri sebelum menjadi UNNES. Pendidikan yang diterapkan di UNNES menitikberatkan pada pendidikan guru. DI sini siswa sanggup mengambil jurusan pendidikan biologi, pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris, pendidikan ekonomi, dan puluhan pendidikan guru lainnya. Walaupun menitikberatkan pada jurusan kependidikan, UNNES juga membuka kesempatan bagi siswa yang ingin mencar ilmu ilmu murni melaui prodi-prodi murni di dalamnya.

Banyak orang berkata bahwa UNDIP lebih anggun dari UNNES, namun berdasarkan bekerjsama kedua Universitas ini tidak sanggup dibandingkan secara langsung. Kenapa demikian? Karena fokus keduanya sangat berbeda, UNDIP fokus pada pengembangan ilmu murni sedangkan UNNES fokus pada pengembangan ilmu kependidikan (calon guru) sehingga keduanya mempunyai niche yang berbeda dan tidak sanggup disamakan begitu saja.

Apabila siswa ingin mempelajari di ilmu murni maka UNDIP yakni pilihan utama, namun apabila siswa ingin menjadi guru dan mencar ilmu ilmu-ilmu kependidikan maka UNNES yakni tujuannya. Keduanya merupakan universitas besar dengan spesialitas yang berbeda. Siapa yang ingin kuliah di Semarang harus fokus pada kedua universitas ini sebelum menentukan universitas lain. Kualitas universitas lain di semarang masih di bawah kedua universitas di atas, jadi tidak heran apabila siswa mengakibatkan keduanya sebagai target utama untuk kuliah di semarang.

Selain alasannya yakni faktor universitasnya, semarang diminati calon mahasiswa alasannya yakni biaya hidup di wilayah ini masih cukup murah kalau dibandingkan dengan kota besar lain menyerupai Jakarta, Yogyakarta, ataupun Surabaya. Biaya kos, biaya makan, dan biaya lain-lain masih cukup murah dan terjangkau sehingga tidak memberatkan orang renta yang setiap bulan harus mengirmkan biaya hidup untuk anak-anaknya.

Posting Komentar untuk "Kuliah Di Semarang"