Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cinenen Pisang (Orthotomus Sutorius)

Cinenen pisang atau biasa disebut ciblek pisang yakni burung berukuran kecil yang banyabicara dan lincah. Burung ini mempunyai atap kepala berwarna kemerahan, punggung dan sayap berwarna kehijauan, serta dada dan perut putih kelabu. Burung ini mempunyai perbedaan morfologi antara si jantan dan betinanya.

Cinenen pisang atau biasa disebut ciblek pisang yakni burung berukuran kecil yang banyabicara Cinenen Pisang (Orthotomus sutorius)



Burung jantan mempunyai ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan betinanya. Si jantan sering menggerak-gerakkan bulu ekornya dikala sedang berkicau riang. Walaupun ukurannya kecil, burung ini mempunyai bunyi yang nyaring dan bervariasi.

Mereka akan membangun sarang yang terbuat dari daun-daun yang dilekatkan dengan sarang laba-laba. Sarang akan menggantung pada dahan yang cukup terlindungi sehingga kondusif dari gangguan binatang pengganggu. Betina akan bertelur 3 sampai 4 ekor dalam sekali kawin, dan kedua induk akan merawat anaknya bersama-sama.

Cinenen pisang yakni pemakan serangga-serangga kecil ibarat ulat dan laba-laba. Ras yang ditemukan di pulau Jawa mempunyai bercak kehitaman yang terdapat di lehernya. 

Posting Komentar untuk "Cinenen Pisang (Orthotomus Sutorius)"