Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Tersetrum Belut Listrik !

Belut listrik (Electrophorus electricus) ialah binatang yang bisa mengeluarkan listrik untuk memperoleh mangsa dan melindungi dirinya. Hewan yang hidup di sungai Amazon ini bisa tumbuh sampai mencapai ukuran panjang 2,5 m  dan hidup sampai 15 tahun.

Apabila menerima serangan dari binatang lain atau ingin melumpuhkan mangsanya, mereka sanggup mengeluarkan listrik dengan teganggan paling tidak 600 volt. Tegangan ini kurang lebih 3 kali tegangan dari listrik yang mengalir di rumah-rumah kita. Mereka bisa menghasilkan listrik alasannya ialah mempunyai sel-sel yang bisa menyimpan energi listrik, menyerupai mirip baterai kecil yang disebut elektrosit. Belut listrik sampaumur mempunyai sekitar 6000 elektrosit yang membuatnya bisa menghasilkan listrik dalam teganggan tinggi.

Belut listrik tinggal diperairan yang basah tenang, mereka merupakan karnivora yang memangsa binatang kecil menyerupai ikan, katak, dan burung. Hewan ini membutuhkan udara bebas untuk bernapas, sehingga secara terpola mereka akan naik ke permukaan air untuk bernapas. Mereka mempunyai penglihatan yang buruk, namun mereka memakai listrik teganggan rendah, sekitar 10 volt, sebagai radar untuk mendeteksi lingkungan sekitar mereka.

Seorang insan sanggup mati apabila terkena serangan listriknya. Serangan ringan terhadap insan sanggup mengakibatkan gangguan napas, gagal jantung dan mengakibatkan pingsan. Namun serangan terhadap insan jarang sekali terjadi alasannya ialah secara normal mereka akan menghindar apabila merasa terganggu. Namun apabila gangguan tersebut terus mengejarnya, barulah mereka mengeluarkan senjata rahasianya yang mematikan.

Posting Komentar untuk "Awas Tersetrum Belut Listrik !"