Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Reptil?

Reptil yaitu hewan-hewan ibarat kadal, ular, kura-kura, dan buaya. Reptil telah hidup di bumi semenjak berjuta-juta tahun yang lalu. Reptil yaitu binatang bertulang belakang dengan kulit bersisik atau kasar, bernapas dengan paru-paru, dan berjalan dengan perut mendekati tanah / melata. Mereka merupakan binatang berdarah dingin, suhu tubuhnya menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Reptil hidup di hampir semua ekosistem kecuali kutub.


Kelompok reptil dengan anggota paling berlimpah yaitu kadal. Terdapat kurang lebih 3800 spesies kadal di bumi. Kadal merupakan kelompok binatang darat berkaki empat dengan ukuran bervariasi dari beberapa centimeter sampai 3 meter lebih. Kadal terbesar yang masih hidup ketika ini yaitu komodo yang hanya hidup liar di pulau komodo, Indonesia. Kadal mengguakan ekornya sebagai senjata untuk bertarung dan menghalau musuhnya. Beberapa jenis kadal bisa memotong ekornya untuk mengelabui musuhnya. Ekor yang telah terpotong sanggup tumbuh lagi sesudah beberapa waktu.

Kelompok dengan anggota terbanyak berikutnya yaitu ular, dengan jumlah sekitar 3000 spesies. Ular merupakan karnivora yang tidak berkaki. Pergerakan ular memakai otot-otot yang ada di sekitar perutnya untuk menghasilkan gerakan melata dan berkelak-kelok. Ular memakai lidahnya yang bercabang untuk mencium basi di sekitarnya, lidahnya akan menagkap partikel kimia dan dideteksi oleh organ jacobsoni yang terletak di langit-langit mulutnya. Beberapa jenis ular mempunyai racun/bisa yang mematikan, black mamba merupakan ular dengan bisa paling mematikan di daratan. Ular-ular yang tidak berbisa memakai lilitan tubuhnya untuk membunuh mangsa. Ular phiton dan anaconda merupakan ular pembelit yang sanggup mencapai panjang beberapa meter dengan berat lebih dari seratus kilogram.

Kelompok buaya mempunyai anggota sekitar25 spesies. Dengan anggotanya antara lain buaya, alligator, caiman, dan gharial. Buaya tidak mempunyai bisa, mereka mengandalkan rahang dan giginya yang berpengaruh untuk memunuh mangsa. Buaya terbesar yaitu jenis buaya air asin, yang hidup di sekitar muara sampai maritim lepas dengan perairan yang cukup tenang.

Kelompok terakhir yaitu kura-kura dengan anggota sekitar 250 spesies. Kura-kura ada yang hidup di darat, air tawar, mupun air maritim (penyu). Kura-kura sering disebut sebagai binatang dengan umur yang sangat panjang. Kura-kura raksasa di kepulauan Galapagos sanggup hidup sampai lebih dari 100 tahun denga berat sampai 300 kg. Kura-kura air tawar dan penyu bisa Manahan napas selama 5 menit lebih di dalam air untuk mencari makanan berupa flora maupun hewan-hewan kecil.

Karena berdarah dingin, reptil sering berjemur untuk meningkatkan suhu tubuhnya. Suhu badan yang tinggi akan mempercepat proses metabolisme di dalam tubuhnya. Apabila suhunya terlalu rendah, reptil akan mengalami kesulitan mencerna makanan sehingga makanan di dalam perutnya sanggup membusuk dan membahayakan tubuhnya. 

Manusia sering memburu reptil untuk diambil kulitnya dan dijadikan berbagaimacam barang ibarat sepatu dan tas. Perburuan reptil oleh insan merupakan penyebab utama berkurangnya jumlah reptile di alam, bakhan beberapa spesies sangat terancam punah alasannya yaitu jumlahnya yang sangat terbatas.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Reptil?"