Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Dan Macam Neuron (Sel Saraf)

Sel saraf atau neuron merupakan unit fungsional sistem saraf yang mempunyai fungsi menghantarkan rangsang atau impuls dari satu lokasi menuju lokasi lain dalam tubuh.

Misalnya dikala kita melihat tahi ayam di jalan, maka mata akan memproses citra visual tersebut menjadi rangsang yang dihantarkan oleh sel saraf menuju otak untuk lalu memerintahkan sel saraf lain menghantarkan rangsang menuju kaki sehingga akan melompat atau menghindari kotoran tersebut.

Bagian - Bagian Neuron

Sel saraf tersusun atas tubuh sel saraf yang mempunyai dua jenis penjuluran ialah dendrit dan akson.

Dendrit berfungsi untuk mendapatkan rangsang dan menghantarkannya menuju tubuh sel saraf.

Sel saraf atau neuron merupakan unit fungsional sistem saraf yang mempunyai fungsi menghant Struktur dan Macam Neuron (Sel Saraf)
Struktur neuron

Sedangkan akson akan menghantarkan rangsang dari tubuh sel menuju neuron lain atau organ tubuh, ujung akson mempunyai terminal sinapsis yang menjadi penghubung dengan neuron lain atau organ.

Pada sistem saraf tepi terdapat selubung mielin yang membungkus akson. Selubung mielin terbentuk dari sel schwann yang menyelubungi akson, selubung mielin akan melindungi akson dan memperlihatkan nutrisi.

Ada daerah-daerah tertentu pada akson yang tidak dilindungi selubung mielin dan disebut nodus ranvier, bab ini berfungsi mempercepat proses perjalanan rangsang.

Dalam neuron juga terdapat nukleus yang berfungsi mengatur kerja dari sel tersebut.

Macam - Macam Neuron

Neuron sensorik akan menghantarkan rangsang dari reseptor atau akseptor rangsang (organ tubuh) menuju sistem saraf sentra (otak atau sumsum tulang belakang). Neuron sensorik umumnya mempunyai dendrit yang pendek dan banyak percabangan, akson-nya panjang dan bermielin.

Neuron motorik akan menghantarkan rangsang dari sistem saraf sentra menuju organ target. Badan sel sarafnya terdapat di saraf sentra sedangkan aksonnya menjulur sampai organ target.

Neuron konektor atau interneuron yang berfungsi menghubungkan neuron sensorik dan motorik. Interneuron terdapat pada saraf pusat, umumnya mempunyai aneka macam percabangan.

Ketika kita melihat tahi ayam, neuron sensorik akan membawa rangsang dari mata menuju otak, informasi ini diproses di otak lalu rangsang akan diteruskan oleh interneuron menuju neuron motorik, selanjutnya neuron motorik yang akan membawa rangsang menuju kaki sehingga kaki melompat untuk menghindar.

Posting Komentar untuk "Struktur Dan Macam Neuron (Sel Saraf)"