Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Danau Menurut Proses Terjadinya

Danau berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia ialah genangan air yang sangat luas yang dikelilingi daratan. Danau mempunyai tugas yang sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Air danau sanggup berasal dari mata air yang ada di tempat tersebut, dari sungai, maupun dari air hujan yang terkumpul.

Terdapat berbagai danau di Indonesia, baik danau alami maupun danau buatan manusia. Danau yang terluas di Indonesia ialah danau Toba di Sumatera (107.216 Ha), saking luasnya terdapat pulau di tengah danau yang disebut dengan samosir. Danau toba telah menjadi destinasi wisata yang cukup populer di pulau Indonesia.

Danau berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia ialah genangan air yang sangat luas yang dikel Jenis Danau Berdasarkan Proses Terjadinya
Danau Toba

Berdasarkan kejadiannya atau proses terciptanya, danau dibedakan menjadi 6 jenis yaitu danau tektonik, danau vulkanik, danau tektonik vulkanik, danau karst, danau glasial, dan danau buatan. Penjelasan untuk masing-masing danau ialah sebagai berikut.

Danau tektonik

Danau tektonik merupakan danau yang tercipta sebab penurunan atau pemerosotan permukaan tanah sehingga menjadi cekung. Cekungan yang tercipta ini akan terisi oleh air hujan, mata air, maupun air sungai sehingga menjadi danau. Contoh danau tektonik di Indonesia ialah danau singkarak di Sumatera yang populer sebagai penghasil ikan bilih.

Danau vulkanik

Danau vulkanik ialah danau yang tercipta sebab acara letusan gunung berapi. Letusan gunung ini akan menjadikan munculnya cekungan di puncak gunung atau di lereng gunung. Cekungan inilah yang selanjutnya akan terisi oleh air dan menjadi danau. Contoh danau vulkanik ialah danau kelimutu di Flores.

Danau tektonik vulkanik

Danau tektonik vulkanik ialah danau yang tercipta sebab acara penurunan permukaan tanah dan letusan gunung berapi. Cekungan yang muncul ini alhasil akan terisi air dan menjadi danau. Contoh danau tektonik vulkanik ialah danau Toba di Sumatera.

Danau karst

Danau karst ialah danau yang muncul di tempat batuan kapur tanggapan proses larutnya watu kapur oleh air hujan. Danau yang terbantuk di batuan kapur umumnya tidak luas sehingga disebut lokva. Contohnya ialah lokva Bendogede di Yogyakarta.

Danau glasial

Danau glasial ialah danau yang tercipta sebab acara gletser atau bukit-bukit es yang besar. Bukit-bukit es tersebut akan mencair dan mengisi tempat cekungan di sekitarnya menjadi danau. Danau ini muncul di daerah-daerah yang mempunyai suhu yang sangat masbodoh menyerupai Eropa Utara, Kanada, dan Rusia. Contoh danau glasial ialah danau Ontario di Kanada.

Danau buatan

Danau buatan atau bendungan atau waduk ialah danau yang tercipta sebab acara insan yang menginginkan adanya danau di suatu tempat. Waduk biasa dibentuk untuk membantu acara irigasi atau sebagai sumber untuk pembangkit listrik tenaga air. Contohnya ialah waduk Wadaslintang di Wonosobo Jateng.

Danau-danau di Indonesia beserta luasnya
No
Nama danau
Luas (Ha)
1
Danau Toba
107.216
2
Danau Towuti
59.840
3
Danau Sentani
34.375
4
Danau Poso
34.280
5
Danau Mantana
16.640
6
Danau Ranau
12.528
7
Fanau Laut Tawar
10.937
8
Danau Singkarak
10.176
9
Danau Maninjau
9.980
10
Danau Tempe
9.406
11
Danau Jatiluhur
9.016
12
Danau Gajah Mungkur
8.950
13
Danau Riam Kanan
6.160
14
Danau Karang Kates
5.250
15
Danau Tondano
4.360
16
Danau Kerinci
4.264
17
Danau Rawapening
1.920
18
Danau Batur
1.568
19
Danau Segara Anak
1.100
20
Danau Selorejo
750
21
Danau Bratan
374

Posting Komentar untuk "Jenis Danau Menurut Proses Terjadinya"