Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fisiografi Kawasan Bandung Selatan

Secara umum dari utara ke selatan, Fisiografi Daerah Bandung Selatan berupa dataran tinggi Bandung, perbukitan, dan pegunungan. Kawasan pegunungan memiliki sebaran paling luas. Puncak-puncak gunung api di daerah ini antara lain Gunung Malabar (2321 m), Tilu (2042 m), Tanjaknangsi (1514 m), Bubut (1333 m, tinggian di sebelah utara Gunung Tanjaknangsi), Wayang (2182 m), dan Windu (2054 m).

Jauh di tepi barat terdapat puncak Gunung Kuda (2002 m), sedangkan di sebelah timur Gunung api Malabar terdapat formasi puncak Gunung Kendang (2817 m), Guha (2397 m), Kamasan (1815 m), dan Dogdog (1868 m). Daerah pegunungan ini tersusun oleh batuan gunung api muda (Kuarter, Alzwar drr., 1992).

Baca juga : Fasies gunungapi menurut stratigrafi

 Fisiografi Daerah Bandung Selatan berupa dataran tinggi Bandung Fisiografi Daerah Bandung Selatan
Peta fisiografi daerah Bandung Selatan.

Baca juga : Letusan gunung Awu dari catatan sejarah dan geologinya

Kawasan perbukitan terletak di bab tengah diantara pegunungan di sebelah selatan dan dataran tinggi Bandung di sebelah utara. Morfologi perbukitan ini menempati daerah sempit di Soreang (723 m), area di wilayah Baleendah - Arjasari yang terletak di timur kota Banjaran - Pameungpeuk sampai di sebelah barat Majalaya - Ciparay.

Puncak-puncak perbukitan ini antara lain Gunung Kromong (908 m), Geulis (1151 m), Pipisan (1071 m), dan Bukitcula (1013 m). Pada umumnya, bentang alam perbukitan ini tersusun oleh batuan gunung api bau tanah (Tersier).

Dataran tinggi Bandung (lk. 700 m) terletak di bab utara, mulai dari daerah Banjaran di sebelah barat dan Majalaya di sebelah timur meluas ke utara sampai Cimahi dan kota Bandung. Dataran ini tersusun oleh endapan danau dan batuan gunung api Sunda - Tangkubanparahu.

Dataran Pangalengan (1400 m) yang relatif sempit dan terletak di bab selatan, hampir dikelilingi oleh puncak-puncak pegunungan, yakni Gunung Malabar di sebelah utara, Gunung Kendang - Guha di sebelah timur, dan Gunung Kuda di sebelah barat. Hanya ke selatan berbatasan dengan Pegunungan Selatan yang materi penyusun utamanya ialah batuan gunung api Tersier. Di tengah-tengah Dataran Pangalengan terdapat sebuah danau berjulukan Situ Cileunca. Dataran Pangalengan ini tersusun oleh endapan piroklastika yang sangat tebal.

Aliran sungai utama di daerah Bandung Selatan ini ialah Ci Tarum yang berhulu di sebelah barat Gunung Api Kendang dan Gunung Api Dogdog, mengalir ke utara sampai Majalaya lalu ke barat masuk ke Waduk Saguling. Cabang sungai besar Ci Tarum di daerah penelitian bab timur ialah Ci Hejo yang berhulu di lereng timur G. Malabar.

Di bab tengah ialah Ci Sangkuy yang berhulu di Situ Cileunca dan mengalir ke utara di sebelah barat Gunung Malabar. Cabang sungai besar paling barat ialah Ci Widey yang berhulu di Kawah Putih Gunung Patuha dan mengalir di tepi barat kota Soreang.

Di daerah Gunung Wayang dan Gunung Windu terdapat banyak mata air panas. Mata air panas tersebut gotong royong dengan Situ Cileunca merupakan lokasi pariwisata di dataran tinggi Pangalengan, Bandung Selatan. Energi geotermal di daerah Gunung Wayang-Windu dimanfaatkan sebagai sentra pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Referensi :
Alzwar, M., Akbar, N., dan Bachri, S., 1992. Peta Geologi Lembar Garut dan Pameungpeuk, Jawa, skala 1:100.000. Puslitbang Geologi, Bandung.
Bronto, S., 2002. Laporan singkat eskursi geologi daerah Pangalengan dan sekitarnya, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Laporan intern Puslitbang Geologi, 5h, tidak terbit.

Posting Komentar untuk "Fisiografi Kawasan Bandung Selatan"