Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Yang Wajib Diketahui

Hutan Hujan Tropis

Di seluruh dunia, hutan ada dimana-mana. Hutan ialah sekumpulan tumbuhan yang kemudian membentuk sebuah bioma. Agar tumbuhan bisa tumbuh dengan baik, maka diharapkan sinar matahari yang mencukupi untuk perkembangannya.

Setiap hutan mempunyai ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda-beda, salah satunya ialah hutan hujan tropis. Oleh alasannya itulah kenapa mereka yang tertarik dengan dunia alam, akan mencari tahu perihal ciri ciri hutan hujan tropis. Di Indonesia sendiri, hutan hujan tropis umumnya tersebar di daerah Papua dan Kalimantan.

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis

Sebelum membahas perihal ciri ciri hutan hujan tropis, perlu Ada ketahui bahwa hutan ini dibedakan menjadi dua menurut pembagian terstruktur mengenai iklimnya yakni hutan dengan iklim tipe B dan A. Hutan ini selalu ada pada daerah yang basah.

Jenis tanah yang dimiliki hutan tropis biasanya didominasi oleh Aluvial, Podsol, Latosol dan Regosol. Sejak 350 tahun lamanya, hujan hutan tropis sudah ada dan mempunyai salah satu vegetasi paling bau tanah di dunia.

1. Kelembaban
Hutan hujan tropis merupakan tipe hutan daerah tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi. Hutan ini juga identik dengan kelembaban yang tinggi. Dimana curah hujan di hutan tersebut sangatlah tinggi sehingga jarang terjangkit kemarau. Tanah yang ada di hutan hujan tropis bisa menyimpan cadangan air dengan baik. Kelembaban yang ada berasal dari uap air akan keluar menuju atmosfer.

2. Mempunyai Pohon Tinggi dengan Daun Lebat
Ciri ciri hutan hujan tropis selanjutnya ialah mempunyai pohon yang tinggi dan daun lebat. Penyinaran matahari sangat menghipnotis pertumbuhan pepohonan. Hutan hujan tropis biasanya dipenuhi oleh pohon tinggi yang daunnya membentuk kanopi saking lebatnya.

Di hutan hujan tropis, Anda bisa menemukan pohon dengan tinggi hingga dengan 50 meter. Hutan ini ditumbuhi banyak sekali jenis pohon yang sanggup membentuk lapisan tajuk. Bentuk daun yang lebar menyerupai itu, sanggup meningkatkan kelembaban suatu kawasan.

3. Sinar Matahari
Hutan hujan tropis sangat jarang melihat sinar matahari. Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat hutan ini dilapisi dengan beberapa susun vegetasi kemudian membentuk tajuk dan kanopi yang rapat sehingga sinar matahari sangat sulit untuk menjangkau tanah di dalam hutan. Tanah yang ada di dalam hutan hujan tropis memang mempunyai kondisi yang lembab serta ditumbuhi oleh jamur dan lumut.

4. Genangan Air di dalam Dasar Hutan
Tidak hanya lembab, hutan hujan tropis biasanya juga mempunyai genangan air di dalam kepingan dasar hutan. Hal tersebut sangatlah wajar, mengingat hutan ini selalu diguyur hujan setiap harinya. Sehingga tanah sudah tidak bisa menyerap air dengan maksimal kemudian membuat genangan yang di dalamnya terdapat biota.

Ciri ciri dari hutan hujan tropis ini memang yang paling menakjubkan. Karena ada banyak sekali macam biota yang bisa hidup dan tumbuh di genangan air tersebut.

5. Daya Regenerasi Tinggi
Ciri ciri hutan hujan tropis selanjutnya ialah mempunyai daya regenerasi yang tinggi. Hutan hujan tropis intinya mempunyai kemampuan untuk melaksanakan regenerasi atau perbaikan atas kerusakan yang terjadi.

Ketika ada terjangan angin yang membuat pohon tumbang, tajuk di dalam hutan akan terbuka sehingga sinar matahari bisa menyinari tumbuhan terna, semak atau anakan pohon biar bisa semakin tinggi lagi. Perbaikan bisa dilakukan apabila kerusakan yang terjadi berasal dari alam dan berskala kecil. Regenerasi tidak akan bisa dilakukan apabila kerusakan berasal dari manusia.

Demikianlah beberapa ciri ciri hutan hujan tropis. Kini, Anda sudah memahami bagaimana karakteristik hutan hujan tropis bukan?

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis Yang Wajib Diketahui"