Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Nitrifikasi Dan Denitrifikasi

Nitrogen (N2) merupakan unsur yang paling melimpah di atmosfer bumi (78% penyusun atmosfer). Jumlah nitrogen yang sangat banyak sebanding dengan fungsinya yang sangat besar bagi kelangsungan hidup banyak sekali macam organisme di bumi. Nitrogen merupakan salah satu atom penyusun protein, yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup.

Daur Nitrogen

Nitrogen di udara tidak sanggup dimanfaatkan secara eksklusif oleh binatang maupun flora alasannya yaitu kedua organisme tersebut tidak bisa menangkap nitrogen bebas. Penangkapan nitrogen bebas sehingga siap dipakai oleh binatang dan flora membutuhkan derma dari basil tanah. Beberapa basil yang sanggup menangkap nitrogen bebas di udara yaitu jenis Rhizobium dan Azotobacter.
Kedua basil tersebut akan menangkap nitrogen lalu mengubahnya menjadi ammonia. Tetapi amonia bersifat racun sehingga flora belum bisa memanfaatkannya. Oleh alasannya yaitu itu, basil Nitrosomonas akan mengubah amonia menjadi Nitrit. Selanjutnya basil Nitribacter akan mengubah nitrit menjadi nitrat yang siap dipakai oleh flora sebagai materi baku asam amino pembentuk protein. Protein yang telah dibuat oleh flora sanggup dikonsumsi oleh binatang untuk kelangsungan hidupnya.Proses pengubahan amonia menjadi nitrit yang dilanjutkan menjadi nitrat disebut dengan proses Nitrifikasi.

Proses Nitrifikasi
  • Amonia (NH4+) diubah menjadi nitrit (NO2-) oleh Nitrosomonas
  • Nitrit (NO2-) diubah menjadi nitrat (NO3-) oleh Nitrobacter
Nitrat dalam tanah selain dipakai oleh tumbuhan, juga mengalami proses pengubahan kembali menjadi nitrogen bebas oleh basil Pseudomonas dan Clostridium. Proses pengubahan nitrat menjadi nitrogen disebut dengan proses Denitrifikasi.

Proses Denitrifikasi
  • Nitrat (NO3-) diubah oleh Pseudomonas dan Clostridium menjadi nitrogen (N2).
Tambahan: 
Amonia (NH3) berbentuk gas dan dalam keadaan terlarut dalam air akan membentuk senyawa amonium (NH4+). Selain dari aktifitas basil penangkap nitrogen bebas, amonia sanggup muncul dari proses mineralisasi protein yang berasal dari flora dan binatang yang telah mati.

Posting Komentar untuk "Proses Nitrifikasi Dan Denitrifikasi"