Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nori, Rumput Maritim Enak Dan Bermanfaat

Nori, kuliner khas Jepang yang terbuat dari rumpul bahari ini sedang naik daun di Indonesia. Makanan yang berbentuk lembaran-lembaran tipis ini sanggup disajikan sebagai snack, maupun untuk aneka macam kuliner yang lezat. Nori terbuat dari rumput bahari jenis Spiroghyra yang termasuk jenis alga merah (Rhodophita). Di Jepang rumput bahari ini banyak dibudidayakan di pantai-pantai dan menjadi salah satu kuliner khas Jepang yang terkenal. Selain yummy ternyata nori mempunyai banyak manfaat bagi badan manusia.

Di dalam nori terkandung vitamin A, B1, B2, B3, B9, B12, C, D, E, dan K, hampir semua jenis vitamin yang bermanfaat bagi badan ada di dalamnya. Selain itu kuliner ini juga mengandung mineral-mineral penting menyerupai Ca, Fe, Mg, Na, Cl, dan Zn. Nori merupakan kuliner yang rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi nori ialah sebagai berikut.

Dari semua jenis vitamin yang terdapat pada nori, vitamin C ada dalam jumlah yang paling banyak (47% dari jumlah semua vitamin). Vitamin C mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menjaga kekebalan badan kita. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan serabut kolagen yang akan menjaga kelenturan kulit kita.

Jumlah viamin A dalam nori cukup tinggi (33% dari jumlah semua vitamin), vitamin ini sangat penting bagi kesehatan mata kita. Pigmen-pigmen penglihatan pada mata terbentuk tepat dengan adanya vitamin A. Apabila seseorang kekurangan vitamin A sanggup mengakibatkan gangguan penglihatan ringan sampai kebutaan.

Kandungan zat besi (Fe) pada nori juga tinggi. Zat besi berkhasiat dalam pembentukan sel darah merah gres di sum-sum tulang manusia. Orang yang jarang mengkonsumsi kuliner yang mengandung zat besi, sanggup menderita kekurangan sel darah merah atau  anemia.

Nori juga mengandung kalsium (Ca) yang berkhasiat pada proses pembentukan tulang dan gigi. Kalsium terutama diharapkan oleh anak dalam masa pertumbuhan sebagai materi pembentuk tulang. Orang pandai balig cukup akal yang mengalami kecelakaan dan menderita patah tulang juga sangat membutuhkan kalsium biar tulangnya sanggup segera sembuh dan normal kembali.

Posting Komentar untuk "Nori, Rumput Maritim Enak Dan Bermanfaat"