Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepudang Kuduk Hitam Lambang Provinsi Jawa Tengah

Banyak orang Jawa Tengah tidak tahu bahwa lambing wilayahnya ialah burung Kepudang kuduk hitam atau biasa disebut kepudang saja. Kepudang kuduk hitam (Oriolus chinensis) merupakan burung yang menarik dengan warna badan kuning dan akan nampak menyala dikala tertimpa sinar matahari. Burung yang indah, pantaslah pemerintah Jawa Tengah menjadikannya sebagai lambang daerah.


Kepudang berukuran sedang (26 cm) dengan badan secara umum dikuasai kuning terang. Terdapat garis hitam yang melewati mata dan tengkuk (bagian belakang leher) sehingga beliau memperoleh nama pemanis “kuduk hitam”. Mereka mempunyai paruh merah jambu dengan kaki berwarna hitam.

Sekitar 20 tahun yang lalu, jumlah burung ini di alam sangat melimpah. Bahkan sanggup gampang dijumpai alasannya ialah biasanya mereka beraktivitas dalam kelompok besar dan mengerumuni pohon-pohon yang sedang berbunga dan berbuah. Dulu mereka sanggup dijumpai dengan gampang di persawahan dan pinggiran kampung yang ditumbuhi banyak pohon.

Namun kini jumlah burung ini telah berkurang drastis. Mereka kerap diburu dan diperjualbelikan sehingga jumlahnya kian menipis tahun demi tahun. Bahkan dikala ini, untuk sanggup melihat burung ini dalam keadaan bebas, kita harus pergi ke tempat hutan-hutan yang agak jauh dari keramaian manusia.

Sebenarnya burung ini tidak hanya terdapat di jawa tengah, bahkan mereka sanggup ditemuai di seantero pulau jawa. Mereka juga hidup liar di sumatera, bali, dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitar nusa tenggara.

Posting Komentar untuk "Kepudang Kuduk Hitam Lambang Provinsi Jawa Tengah"