Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cikalang, Si Burung Pencuri

Cikalang betina
 Tak hanya di dunia insan yang ditemui pencuri, ternyata di dunia burungpun ada juga pencurinya. Si pencuri tersebut yaitu burung cikalang (Fregata sp.). Cikalang yaitu burung maritim pemakan ikan yang berukuran cukup besar dengan rentang sayap mencapai 2,3 m. Dengan ukurannya yang besar ini, mereka seringkali mencuri ikan-ikan yang diperoleh burung lain yang berukuran lebih kecil.

Di Indonesia sanggup ditemukan 3 jenis burung cikalang, mereka yaitu cikalang kecil, cikalang besar, dan cikalang christmas. Burung cikalang berwarna hitam dan putih, serta dilengkapi dengan paruh yang panjang dan runcing. Cikalang jantan sanggup membuatkan kulit lehernya yang berwarna merah sampai berbentuk ibarat balon.

Cikalang jantan
Cikalang merupakan burung pencuri yang ulung. Dia akan terbang berkeliling lautan untuk mengamati burung-burung maritim yang sedang berburu. Saat ada burung lain yang telah berhasil memperoleh ikan dan terbang untuk kembali ke sarangnya, cikalang akan mencegat burung tersebut untuk mencuri ikannya. Cikalang akan mengejar dan mematuk serta mencengkeram dengan kakinya sampai korbannya memuntahkan atau melepaskan ikan hasil tangkapannya.

Burung-burung yang kerap menjadi korban cikalang yaitu dara laut, camar, dan buntut sate. Si pencuri jago ini tidak akan mencuri dari burung yang ukurannya lebih besar mirip burung pelikan. Cikalang sering terbang berputar-putar pada tempat yang banyak ikannya. Oleh alasannya yaitu itu nelayan tradisional sering memakai adanya burung cikalang sebagai tanda adanya ikan. 

Posting Komentar untuk "Cikalang, Si Burung Pencuri"