Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reaksi Gelap Fotosintesis (Siklus Calvin)

Reaksi gelap ialah tahap kedua dalam proses fotosintesis yang disebut juga dengan nama siklus Calvin. Reaksi gelap memakai karbondioksida (CO2) untuk membentuk gliseraldehida 3 fosfat (G3P) yang merupakan gula berkarbon 3.

Dalam sekali siklus Calvin akan dikeluarkan 1 molekul G3P, flora perlu melaksanakan 2 kali siklus untuk menghasilkan 2 molekul G3P yang lalu akan disatukan menjadi glukosa (Gula berkarbon 6).

 Reaksi gelap ialah tahap kedua dalam proses fotosintesis yang disebut juga dengan nama s Reaksi Gelap Fotosintesis (Siklus Calvin)
Langkah-langkah dalam reaksi gelap fotosintesis

Langkah-langkah reaksi dalam siklus Calvin terbagi menjadi 3 fase, yaitu fiksasi, reduksi, dan regenerasi.

Fase pertama: fiksasi karbon
Karbondioksida akan ditangkap dan disatukan dengan ribulosa bifosfat (RuBp) oleh enzim rubisco. Rubisco ialah protein enzim yang paling banyak terdapat di dalam kloroplas. Dalam tahap ini ribulosa bifosfat akan mengikat karbondioksida dan kesudahannya ialah molekul dengan 6 karbon yang tidak stabil dan segera pecah menjadi 2 molekul 3 fosfogliserat. Dalam sekali siklus terdapat 3 molekul ribulosa bifosfat yang menangkap 3 molekul karbondioksida dan akan diubah menjadi 3 molekul berkarbon 6 yang tidak stabil sehingga pribadi pecah menjadi 6 molekul 3 fosfogliserat.

Fase kedua: reduksi
Masing-masing molekul 3 fosfogliserat akan mendapatkan fosfat dari ATP sehingga berkembang menjadi 1,3 difosfogliserat. Dibutuhkan 6 ATP untuk merubah 6 molekul 3 fosfogliserat menjadi 6 molekul 1,3 difosfogliserat. Molekul 1,3 difosfogliserat akan mengalami reduksi oleh NADPH sehingga berkembang menjadi gliseraldehida 3 fosfat (G3P), diperlukan 6 molekul NADPH dalam sekali siklus Calvin. Hasil dari tahap reduksi ialah 6 molekul gliseraldehida 3 fosfat dengan 1 molekul tersebut akan dikeluarkan untuk materi baku glukosa sehingga tersisa 5 molekul G3P.

Fase ketiga: regenerasi
Tahapan ini merupakan pembuatan kembali ribulosa bifosfat (molekul dengan 5 atom C) dari sisa gliseraldehida 3 fosfat (molekul dengan 3 atom C). Pada tahapan ini 5 molekul gliseraldehida 3 fosfat akan diubah menjadi 3 molekul ribulosa bifosfat yang sanggup dipakai kembali untuk menangkap karbondioksida. Dalam reaksi ini terdapat 3 molekul ATP yang mendonorkan fosfatnya.

Reaksi gelap terjadi pada bab stroma kloroplas. Reaksi gelap disebut siklus alasannya reaksi-reaksi yang berlangsung berjalan berputar-putar dan kembali menjadi molekul asalnya. Disebut reaksi gelap alasannya dalam tahap-tahap reaksinya tidak membutuhkan cahaya matahari sebagai sumber energi.

Kesimpulan dari reaksi gelap adalah:
  • Reaksi gelap/siklus Calvin membutuhkan 3 molekul karbondioksida.
  • Reaksi gelap membutuhkan 9 molekul ATP dan 6 molekul NADPH yang dihasilkan dari reaksi terperinci fotosintesis.
  • Reaksi gelap melepaskan 1 molekul gliseraldehida 3 fosfat (G3P) dalam sekali siklus.
  • Dibutuhkan 2 molekul G3P untuk membentuk 1 molekul glukosa, artinya diperlukan 2 kali reaksi gelap untuk menghasilkan 1 molekul glukosa.

Posting Komentar untuk "Reaksi Gelap Fotosintesis (Siklus Calvin)"