Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Ordo Utama Serangga (Insekta)

Serangga atau kelas insekta merupakan kelompok binatang dengan keanekaragaman yang sangat tinggi, Jumlahnya melebihi semua binatang yang ada di muka bumi. Mereka hidup hampir pada semua lingkungan darat, mereka juga hidup di air tawar dan banyak yang sanggup terbang di udara. Kelas insekta tersusun atas sekitar 26 ordo namun dalam artikel ini aku akan menjelaskan beberapa ordo utama saja, tidak semuanya.

Ordo Anoplura

Merupakan benalu tanpa sayap dengan tipe lisan penghisap, tubuhnya pipih dan kecil serta mata yang mereduksi, kaki dengan tarsi yang menyerupai cakar untuk melekat pada kulit, mengalami metamorfosis tak sempurna, dan umumnya mempunyai inang yang spesifik. Terdapat sekitar 2400 jenis anoplura dan misalnya ialah kutu badan manusia.

Ordo Coleoptera

Memiliki dua pasang sayap yang sepasang tebal dan sepasang tipis menyerupai membran, tubuhnya dilindungi eksoskeleton yang keras dngan lisan tipe penggigit dan pengunyah, mengalami metamorfosis sempurna. Sekitar 500.000 jenis coleoptera hidup di bumi dan misalnya ialah kumbang.

Ordo Dermaptera

Memiliki dua pasang sayap yang satu tebal dan satu tipis menyerupai membran atau tak bersayap sama sekali, tipe lisan penggigit, mempunyai capit besar di ujung posterior tubuhnya, dan mengalami metamorfosis tak sempurna. Jenis dermaptera mencapai 1000 dan misalnya ialah earwing.

Serangga atau kelas insekta merupakan kelompok binatang dengan keanekaragaman yang sangat tin Beberapa Ordo Utama Serangga (Insekta)
Earwing, ordo dermaptera

Ordo Diptera

Memiliki satu pasang sayap dan halter sebagai organ keseimbangan, lisan untuk menghisap menusuk atau menelan, mengalami metamorfosis sempurna. Terdapat sekitar 120.000 jenis dan misalnya ialah lalat dan nyamuk.

Ordo Hemiptera

Memiliki dua pasang sayap yang sepasang tebal dan sepasang menyerupai membran, lisan tipe penusuk dan penyedot, serta mengalami metamorfosis tak sempurna. Hampir 55.000 jenis hemiptera hidup di bumi dan misalnya ialah kutu busuk dan bedbug.

Kutu busuk, ordo hemiptera

Ordo Hymenoptera

Memiliki dua pasang sayap bermembran, kepala sanggup bergerak dengan bab lisan untuk mengunyah atau menghisap, betina mempunyai organ penyengat di bab posterior, mengalami metamorfosis tepat dan banyak yang bersifat sosial atau hidup berkoloni. Terdapat sekitar 100.000 jenis misalnya lebah dan tawon.

Ordo Isoptera

Memiliki dua pasang sayap bermenbran, namun beberapa tahapan tidak bersayap. Mulut tipe pengunyah dan mengalami metamorfosis tak sempurna, bersifat sangat sosial. Sekiyar 2000 jenis isoptera hidup di bumi dan misalnya ialah rayap.

Ordo Lepidoptera

Memiliki dua pasang sayap yang ditutupi sisik-sisik kecil, mempunyai pengecap panjang yang melilit dan dipakai untuk menghisap, mengalami metamorfosis sempurna. 140.000 jenis diperkirakan hidup dan misalnya ialah kupu-kupu raja.

Ordo Odonata

Memiliki dua pasang sayap yang bermembran, bab lisan tipe penggigit, mengalami metamorfosis tak sempurna. Terdapat sekitar 5000 jenis hidup di bumi dan misalnya ialah capung.

Ordo Orthoptera

Memiliki dua pasang sayap dengan sepasang tebal dan sepasang bermembran, tipe lisan penggigit dan pengunyah, mengalami metamorfosis tak sempurna. Terdapat sekitar 30.000 jenis yang hidup dan misalnya tonggeret.

Serangga atau kelas insekta merupakan kelompok binatang dengan keanekaragaman yang sangat tin Beberapa Ordo Utama Serangga (Insekta)
Tonggeret, ordo orthoptera

Ordo Siphonaptera

Tidak mempunyai sayap dengan badan pipih jikalau dilihat dari atas, binatang remaja menghisap darah dari burung dan mamalia, mempunyai bab lisan untuk menusuk dan menyedot, kaki berpengaruh untuk meloncat, dan mengalami metamorfosis sempurna. Terdapat 2000 jenis dan misalnya ialah kutu penghisap darah.

Ordo Trichoptera

Memiliki dua pasang sayap berambut, bab lisan untuk mengunyah dan menelan, mengalami metamorfosis sempurna, larva tinggal di air dan membangun jaring sutera atau pembungkus dari pasir atau kayu yang terikat sutera. Terdapat sekitar 7000 jenis dan misalnya ialah caddisfly.

Serangga atau kelas insekta merupakan kelompok binatang dengan keanekaragaman yang sangat tin Beberapa Ordo Utama Serangga (Insekta)
Larva caddisfly, ordo trichoptera

Posting Komentar untuk "Beberapa Ordo Utama Serangga (Insekta)"