Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penemuan Aurora Di Planet Mars

 Sejak dulu ilmuan yakin tidak akan terjadi Aurora di Planet Mars Penemuan Aurora di Planet Mars
Sejak dulu ilmuan yakin tidak akan terjadi Aurora di Planet Mars. Hal ini dikarenakan Mars tidak mempunyai medan magnet menyerupai di Bumi. Penemuan Aurora di Planet Mars terdeteksi oleh MAVEN Spacecraft milik NASA. Aurora tersebut muncul pada belahan planet serpihan utara. Aurora yang muncul tersebar merata bahkan mendekati garis katulistiwa. Jika terjadi di Bumi, maka aurora tersebut sanggup disaksikan di wilayah subtropis menyerupai China atau Jepang. “(Aurora) Ini mengagumkan. Aurora tersebar dalam wilayah yang luas, bahkan jauh lebih luas dari apa yang kami bayangkan,” ungkap Nick Schneider yang memimpin MAVEN’s Imaging Ultraviolet Spectrograph (IUVS). Sebenarnya Mars tidak mempunyai medan magnet yang melindungi keseluruhan planet dari hantaman benda langit gila menyerupai halnya yang dimiliki Bumi.

Medan magnet di Mars hanya berasal dari sisa medan magnet yang hancur miliaran tahun kemudian dan tersebar di aneka macam serpihan Mars, terutama di belahan selatan. Sebagian lainnya terkotak-kotak menyerupai jamur di permukaan Mars. Seperti halnya di Bumi, aurora terjadi lantaran adanya partikel energi yang menghantam atmosfir. Di Bumi, energi ini didorong ke serpihan kutub. Itu sebabnya aurora hanya sanggup disaksikan di tempat sekitar kutub. Mars tidak mempunyai medan magnet yang utuh, jadi aurora sanggup muncul di tempat mana saja. Satu lagi perbedaan aurora yang terdapat di Mars ialah lokasi ketinggiannya. Partikel energi dari matahari bisa menembus jauh ke dalam atmosfir Mars. Akibatnya aurora terjadi di ketinggian kurang dari 100 kilometer. Di Bumi, aurora terjadi di ketinggian 100 hingga 500 kilometer lantaran medan magnet bumi yang jauh lebih kuat.

Pada dasarnya, Mars dipenuhi dengan gas karbon dioksida (CO2). Meskipun begitu, di Mars juga terdapat oksigen. Kandungan oksigen yang ada di Mars besar lengan berkuasa pada warna dari aurora. Oksigen bereaksi dengan membentuk warna hijau pada aurora. Warna utama dari Aurora di Mars ialah biru menyerupai terlihat pada gambar di atas. Satu keindahan Mars dibalik tanahnya yang kering tanpa kehidupan.

Sumber: Sciencedaily.

Posting Komentar untuk "Penemuan Aurora Di Planet Mars"