Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencemaran Lingkungan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 menjelaskan bahwa pencemaran yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh acara insan sehingga kualitasnya turun hingga ke tingkat tertentu yang menimbulkan lingkungan hidup tidak berfungsi dengan peruntukkannya.

Secara ringkas pencemaran atau polusi sanggup diartikan sebagai Menurunnya kualitas lingkungan yang disebabkan oleh masuknya benda atau materi tertentu ke dalamnya. Bahan yang sanggup menimbulkan timbulnya polusi disebut dengan polutan. Pencemaran lingkungan sanggup dikelompokkan menjadi pencemaran udara, air, dan tanah.

Pencemaran udara

Pencemaran udara yaitu berkurangnya kualitas udara lantaran masuknya bahan-bahan tertentu ke dalamnya. Bahan-bahan yang sanggup merusak kualitas udara sanggup dalam bentuk gas, partikel, maupun suara. Bahan-bahan yang sanggup menjadi polutan di udara yaitu sebagai berikut.
  • CO : Dihasilkan kendaraan bermotor, sanggup meracuni badan dan menjadikan janjkematian apabila terhirup dalam jumlah banyak.
  • CO2 : Dihasilkan kendaraan bermotor, pabrik, dan pembakaran sampah. Dapat meracuni badan apabila terhirup dalam jumlah banyak. Akumulasi di atmosfer sanggup menimbulkan munculnya pemanasan global (global warming).
  • SO2 : Dihasilkan dari pabrik-pabrik yang memakai kerikil bara sebagai materi bakarnya. Dapat berikatan dengan air dan bermetamorfosis H2SO4 yang bersifat asam dan menimbulkan hujan asam.
  • NO2 : Dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan pembakaran sampah. Dapat beriketan dengan air dan membenruk HNO3 yang bersifat asam dan menimbulkan hujan asam.
  • CFC (kloro-fluorokarbon) : Dihasilkan dari mesin pendingin dan AC, akumulasi di atmosfir sanggup menimbulkan penipisan lapisan ozon.
  • Debu asbes : Debu asbes sanggup timbul dari penggunaan barang-barang yang terbuat dari asbes mupun dari proyek-proyek konstruksi. Apabila dihirup dalam waktu lama, debu ini akan mengendap dalam paru-paru dan menimbulkan mesothelioma (sejenis kanker paru-paru).
  • Suara bising : Suara bising sanggup berasal dari pabrik ataupun kendaraan menyerupai pesawat terbang. Suara yang terlalu bising sanggup menimbulkan gangguan pendengaran dan rusaknya gendang telinga.
 menjelaskan bahwa pencemaran yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup Pencemaran Lingkungan
Asap pabrik, sumber pencemaran udara.

Pencemaran air

Pencemaran air yaitu berkurangnya kualitas air lantaran masuknya bahan-bahan tertentu ke dalamnya. Bahan-bahan yang sanggup merusak kuaitas air sanggup berasal dari mikroorganisme, limbah organkc, dan limbah anorganik. Bahan-bahan penyebab pencemaran udara antara lain sebagai berikut.
  • Escherichia colli : Bakteri yang banyak hidup di air yang terkotori limbah organik. Dapat menimbulkan diare apabila terkonsumsi oleh insan dalam jumlah besar.
  • Entamoeba histolyca : Protozoa yang sanggup menimbulkan penyakit disentri.
  • Kotoran binatang : Dapat merusak kualitas fisik air dan menjadi medium pertumbuhan mikroorganisme.
  • Limbah rumah tangga : Merusak kualitas fisik air dan menjadi medium pertumbuhan mikroorganisme.
  • Limbah sabun : Menyebabkan matinya binatang dan flora air.
  • Logam berat menyerupai Pb, Hg, dan Cd : Berasal dari limbah cair pabrik, sanggup menimbulkan kerusakan jaringan dan janjkematian pada badan makhluk hidup.
  • Fosfat dan nitrit : Berasal dari pupuk kimia, sanggup menimbulkan ledakan alga (blooming algae) di perairan. Melimpahnya nutrisi (pupuk) di dalam air ini disebut dengan istilah eutrofikasi. Ledakan alga akan menghalangi sinar matahari menembus dasar perairan yang menimbulkan matinya tumbuhan-tumbuhan air.
 menjelaskan bahwa pencemaran yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup Pencemaran Lingkungan
Ledakan populasi alga pada suatu perairan

Pencemaran tanah

Pencemaran tanah yaitu berkurangnya kualitas tanah lantaran masuknya bahan-bahan tertentu ke dalamnya. Bahan-bahan yang sanggup menjadi polutan tanah sanggup berasal dari benda-benda padat maupun zat kimia.
  • Sampah padat : Sampah padat menyerupai plastik, besi, sterofoam, dan karet sangat sulit untuk dihancurkan oleh organisme tanah sehingga sanggup mengganggu kesuburan tanah. Benda-benda tersebut akan menghalangi pertumbuhan akar flora dan juga menimbulkan tekstur tanah menjadi kurang gembur.
  • Zat kimia : Zat asam dan basa sanggup merusak kesuburan tanah lantaran mengganggu kelarutan mineral-mineral tertentu. Jenis-jenis logam berat menyerupai Pb, Hg, dan Cd juga sanggup menggnggu pertumbuhan tumbuhan dan sanggup menjadikan kematian.
 menjelaskan bahwa pencemaran yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup Pencemaran Lingkungan
Sampah-sampah penyebab pencemaran tanah

Posting Komentar untuk "Pencemaran Lingkungan"