Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemegang Rekor Danau Terdalam Di Dunia

Dengan kedalaman sekitar 1,6 kilometer (5.387 kaki), Danau Baikal di Rusia Selatan dinobatkan sebagai pemegang rekor danau terdalam di dunia. Selain sebagai danau terdalam, Danau Baikal juga merupakan danau dengan volume air tawar terbesar di dunia. Cukup sulit untuk memahami bagaimana sebuah danau yang berada ditengah-tengah daratan mempunyai dasar sampai hampir mencapai 2 kilometer. Dibawah ini yaitu penjelasannya.

Baca juga: Nama Danau di Indonesia Paling Populer

Danau ini begitu dalam alasannya yaitu berada di zona aktif pemekaran benua (continental rift). Zona Continental rift di tempat ini tiap tahun melebar sekitar 2,5 cm. Pemekaran bukan hanya terjadi secara horizontal (melebar), tetapi juga tumbuh lebih dalam melalui insiden subsidence. Kaprikornus sebenarnya, Danau Baikal kedepannya akan terus melebar dan semakin dalam selama masih aktifnya continental rift di tempat tersebut.

 Danau Baikal di Rusia Selatan dinobatkan sebagai pemegang rekor danau terdalam di dunia Pemegang Rekor Danau Terdalam di Dunia
Gambar danau terdalam di dunia (Baikal Lake, Rusia).

Baca juga: Letak Danau Toba

Danau Baikal (Baikal Lake) yang juga dikenal dengan sebutan “mata biru Siberia” merupakan danau dengan ekosistem besar. Kurang lebih 1.700 spesies tanaman dan fauna hidup di dalam danau ataupun disekitar danau tersebut. Ahli geologi memperkirakan danau ini berumur 25 - 30 juta tahun yang kemudian dan menjadikannya sebagai salah satu danau paling renta di dunia.

Posting Komentar untuk "Pemegang Rekor Danau Terdalam Di Dunia"