Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembuahan Ganda Pada Angiospermae

Pembuahan pada tumbuhan ialah proses meleburnya (menyatunya) inti sperma dan ovum yang terjadi di dasar putik untuk membentuk embrio tumbuhan. Dalam tumbuhan tingkat tinggi dikenal 2 macam pembuahan yaitu pembuahan tunggal dan pembuahan ganda. Pembuahan tunggal terjadi pada gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) sedangkan pembuahan ganda akan terjadi pada angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Angiospermae mengalami pembuahan ganda untuk membentuk embrio dan cadangan masakan (endosperma). Disebut pembuahan ganda alasannya ialah memang terjadi dua kali proses pembuahan yaitu:
  • Peleburan inti generatif 1 dengan ovum (sel telur) membentuk zigot yang akan berubah menjadi embrio.
  • Peleburan inti generatif 2 dengan inti kandung forum sekunder membentuk endosperma (cadangan makanan). 

Pembuahan akan diawali terlebih dahulu oleh proses penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari pada kepala putik. Inti sel dalam serbuk sari akan membelah membentuk inti vegetatif, inti generatif 1, dan inti generatif 2. Setelah beberapa saat, serbuk sari akan berkecambah membentuk tabung serbuk sari sebagai jalan menuju kantung embrio. Kantung embrio terdapat pada dasar putik dan merupakan daerah terjadinya pembuahan. Inti sel serbuk sari nantinya akan berjalan di sepanjang tabung serbuk sari untuk mencapai kantung embrio tersebut.

Pembuahan pada tumbuhan ialah proses meleburnya  Pembuahan Ganda pada Angiospermae
Pembentukan tabung (buluh) serbuk sari

Inti vegetatif akan berjalan di depan inti generatif alasannya ialah berperan sebagai penunjuk jalan bagi kedua inti generatif tersebut. Setelah hingga di kantung embrio, inti generatif 1 akan membuahi ovum membentuk zigot dan inti generatif 2 akan membuahi inti kandung forum sekunder membentuk endosperma.

Sel telur yang bersifat haploid (n) akan dibuahi inti generatif 1 yang bersifat haploid (n) sehingga akan menghasilkan zigot yang bersifat diploid (2n). Inti kandung forum sekunder akan dibuahi oleh inti generatif 2 sehingga terbentuk endosperma. Endosperma bersifat triploid (3n) alasannya ialah merupakan penyatuan 2 inti kandung forum sekunder dan inti generatif 2 yang masing-masing bersifat haploid.

Pembuahan pada tumbuhan ialah proses meleburnya  Pembuahan Ganda pada Angiospermae
Proses pembuahan ganda

Zigot nantinya akan berubah menjadi embrio calon individu baru, sedangkan endosperma merupakan cadangan masakan bagi perkembangan embrio. Endosperma akan dipakai sebagai sumber masakan pertama pada proses perkecambahan biji.

Pembuahan ganda hanya terjadi pada angiospermae, sedangkan pada gymnospermae terjadi proses yang berbeda yang disebut pembuahan tunggal. Gymnospermae hanya mengalami pembuahan tunggal sehingga tidak menghasilkan endosperma sebagai cadangan makanan.

Posting Komentar untuk "Pembuahan Ganda Pada Angiospermae"