Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesemutan Sehabis Olahraga, Apakah Normal?

Kesemutan ialah hal yang biasa terjadi apabila kita duduk atau bangun terlalu lama. Tapi apabila kesemutan terjadi sesudah kita berolahraga, apakah itu juga hal yang normal terjadi?

Setelah kita duduk terlalu lama, kemudian kita bangun tak jarang kaki kita kesemutan. Hal ini sanggup terjadi lantaran anutan darah yang menuju kearah kaki terhambat disebabkan posisi duduk yang salah. Kaki menjadi kurang asupan darah, kekurangan oksigen sehingga menjadikan kesemutan.

Kesemutan sering terjadi di telapak kaki

Namun dalam beberapa keadaan, kesemutan sanggup terjadi sesudah seseorang simpulan berolahraga. Bagian yang sering kesemutan ialah ujung-ujung jari kaki dan tangan. Kesemutan yang terjadi sesudah olahraga sanggup disebabkan oleh beberapa hal, ibarat olahraga yang terlalu berat atau memakai alat-alat olehraga yang kurang sempurna contohnya sepatu olahraga yang terlalu sempit.

Melakukan olahraga yang terlalu berat ialah hal umum yang sanggup menjadikan kesemutan sesudah simpulan olahraga. Misalnya kita melaksanakan olahraga lari yang berlebihan, hal itu sanggup menjadikan kesemutan pada jari-jari kaki. 

Saat kita berlari, seluruh badan bergerak aktif terutama badan cuilan bawah. Tubuh yang aktif bergerak mambutuhkan pasokan oksigen lebih banyak yang menjadikan sirkulasi darah dikonsentrasikan di kawasan tersebut. Setelah kita simpulan berolahraga, badan membutuhkan waktu beberapa dikala untuk kembali ke keadaan semula (steady state). Darah masih banyak disirkulasikan di kawasan yang aktif bergerak tadi, alhasil bagian-bagian badan yang kurang penting ibarat telapak kaki akan mengalami kekurangan darah sehingga mengalami kesemutan.

Olahraga-olahraga yang aktif memakai tangan ibarat basket dan renang apabila dilakukan terlalu berlebihan juga sanggup menjadikan kesemutan terutama pada cuilan jari tangan. Namun apabila olahraga yang dilakukan tidak terlalu keras (sesuai kemampuan) biasanya kesemutan tidak akan terjadi lantaran sirkuasi darah tidak terlalu berubah drastis.

Penyebab kedua ialah penggunaan alat olahraga yang kurang tepat, contohnya memakai sepatu olahraga yang ukurannya terlalu kecil. Karena ukurannya yang kecil sepatu akan menekan ujung-ujung jari kaki sehingga menjadikan sirkulasi darah di ujung jari menjadi terhambat yang akan meyebabkan kesemutan.

Kesemutan sesudah berolahraga ialah hal yang umum terjadi dengan syarat selang beberapa dikala kesemutan itu hilang (tidak terlalu lama). Namun apabila kesemutan itu berlanjut sampai terlalu usang dan terjadi terus-menerus walaupun kita melaksanakan olahraga yang ringan sekalipun, itu gres sanggup disebut sebagai hal yang tidak normal. Segera konsultasi kepada dokter atau ahli-ahli kesehatan untuk mengatasi problem tersebut.

Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh, dengan syarat tidak terlalu berlebihan dan memakai alat yang baik dan benar. Olahraga berlebihan dalam jangka waktu usang dan terus menerus justru menjadi salah satu sumber kerusakan badan dan datangnya banyak penyakit.

Kesemutan akan terjadi sesudah simpulan olahraga, namun ada insiden dimana dikala olahraga perut tiba-tiba terasa sakit. insiden ini dikenal dengan istilah kram perut. Apa itu kram perut dan bagaimana mengatasinya sanggup dilihat pada artikel Mengatasi Kram Perut Saat Olahraga.

Posting Komentar untuk "Kesemutan Sehabis Olahraga, Apakah Normal?"