Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Istilah Geologi Online Glossary D


KAMUS GEOLOGI ONLINE

Untuk istilah geologi yang diawali dengan aksara lain Klik Disini

Datum

Datum ialah lokasi pola atau elevasi yang dipakai sebagai titik awal untuk pengukuran berikutnya. Permukaan bahari selalu dipakai sebagai datum untuk pengukuran ketinggian. Datum juga sanggup berarti sebagai titik awal pengukuran menurut bentuk fisik unit batuan dasar.

Daughter Element

Daughter Element ialah unsur yang dihasilkan melalui peluruhan radioaktif dari elemen induk.

Debris Avalanche

Debris Avalanche ialah gerakan lereng potongan bawah secara tiba-tiba pada batuan dan tanah pada suatu lereng yang curam.

Decollment

Decollment ialah garis horizontal atau subhorizontal pada sesar atau zona geser dengan perpindahan yang sangat besar. Batuan diatas sesar akan berpindah sejauh ribuan meter atau lebih terhadap batuan yang berada relatif di bawah sesar. Peristiwa ini sering menjadikan batuan yang berada di atas sesar berbeda bentuk fisiknya dengan batuan yang berada dibawah sesar.

Deflation (Deflasi)

Deflasi ialah hilangnya partikel lempung dan lumpur (berukuran tanah) akhir abrasi oleh angin. Istilah ini juga sanggup dipakai dalam rujukan untuk hilangnya bahan/material yang tidak terkonsolidasi akhir angin.

Delta

Delta ialah deposit sedimen dari sungai yang terbentuk dikala masuk ke dalam badan danau atau laut. Nama ini berasal dari bahasa Yunani aksara "delta" alasannya ialah deposit ini biasanya mempunyai bentuk segitiga.

Dendritic Drainage (Pola Aliran Dendritik)

Pola Aliran Dendritik ialah pola pedoman air yang ibarat pembuluh darah pada daun. Terbentuk utamanya alasannya ialah batuan di bawahnya mempunyai ketahanan yang seragam terhadap erosi.

Density Current

Density Current ialah kepadatan pedoman akhir gravitasi. Peningkatan kepadatan air terjadi alasannya ialah perbedaan suhu dan peningkatan salinitas.

Deposition (Deposisi)

Deposisi ialah pengendapan suspensi sedimen yang telah tertransportasi. Juga sanggup berarti pengendapan sedimen kimia dari air yang kaya mineral terlarut.

Desert Pavement

Desert Pavement ialah epilog tanah yang berukuran granular hingga partikel yang lebih besar, biasanya ditemukan di tempat kering. Desert Pavement merupakan deposit sisa yang terbentuk dikala angin menghilangkan material berukuran pasir, lanau dan lempung secara selektif.

Detrital

Detrital ialah istilah yang dipakai dalam rujukan untuk sedimen atau batuan sedimen yang terdiri ataspartikel yang diangkut dan disimpan oleh angin, air atau es.

Diagenesis

Diagenesis ialah semua perubahan yang terjadi pada sedimen sesudah deposisi, tidak termasuk pelapukan dan metamorfosis. Diagenesis mencakup pemadatan, sementasi, pembersihan dan penggantian.

Diatom

Diatom ialah kelompok alga yang melayang bebas di perairan, baik di lautan maupun di danau. Beberapa jenis diatom hidup di bawah air dan di tanah. Kebanyakan diatom sangat kecil (mikroskopis).

Diatomit

Diatomit ialah batuan sedimen berwarna terang yang utamanya tersusun atas sisa-sisa skeletal yang mengandung silika diatom.

Diatom Ooze

Diatom Ooze ialah sedimen dasar bahari yang terdiri dari setidaknya 30% diatom sisa.

Differentiated Planet

Differentiated Planet ialah planet yang mempunyai lapisan yang terdiri dari kepadatan unsur-unsur dan mineral yang berbeda. Sebagai contoh, planet Bumi yang mempunyai inti yang kaya logam,  dikelilingi oleh batuan dalam bentuk mantel, dan ditutupi oleh kerak dalam bentuk mineral low-density.

Dip

Dip ialah sudut dari sebuah unit batuan, sesar atau struktur batuan lainnya yang terbentuk pada bidang horizontalnya. Dinyatakan sebagai perbedaan sudut antara bidang horizontal dan struktur.

Discharge

Discharge ialah volume air di sungai yang mengalir dalam satuan waktu. Sering dinyatakan dalam kaki kubik per meter atau kubik per detik. Dihitung dengan rumus Q = A x V di mana Q ialah debit, A ialah luas penampang terusan dan V ialah kecepatan pedoman rata-rata sungai.

Discontinuity

Discontinuity ialah lapisan permukaan batuan yang terpisah alasannya ialah sifat dan komposisinya yang berbeda. (Lihat diskontinuitas seismik).

Dissolved Load (Bahan terlarut)

Dissolved Load ialah materi terlarut yang terangkut oleh pedoman sungai.

Divide

Divide ialah sebuah lembah yang memisahkan dua cekungan drainase yang berdekatan.

Dome (Kubah)

Dome ialah sebuah uplift berbentuk bundar atau elips dengan dip lapisan kesegala arah dari titik pusatnya.

Drainage Basin

Drainage Basin ialah wilayah geografis yang menunjukkan bantuan limpasan ke sungai. Dapat terlihat pada peta topografi dengan menelusuri titik elevasi tertinggi antara dua lembah sungai yang berdekatan. Juga disebut sebagai "batas air" (watershed).

Drainage Divide

Drainage Divide ialah batas antara dua pedoman sungai yang berdekatan, membagi drainase pada puncak pematang atau area yang tidak terang di mana kemiringan terlihat berubah arah). Air limpasan dihasilkan di salah satu sisi bukit yang mengalir ke sungai "A" dan limpasan lainnya dihasilkan dari sisi bukit lainnya yang mengalir ke sungai "B".

Drawdown

Drawdown ialah penurunan muka air disekitar sumur produksi. Ini merupakan bencana tertariknya air pada setiap titik tertentu yang menimbulkan terjadinya perubahan vertikal antara muka air original dan level muka air yang berkurang akhir pemompaan (pumping).

Drift

Drift ialah istilah umum untuk semua bahan/material sedimen yang diendapkan eksklusif dari es atau pelelehan air dari gletser.

Dune (Bukit Pasir)

Dune ialah sebuah gundukan atau punggungan pasir-terbawah oleh angin. Biasanya ditemukan di gurun dan potongan dalam pantai. Kebanyakan Dune lebih sering tertransportasi oleh angin.

Untuk istilah geologi yang diawali dengan aksara lain Klik Disini

Posting Komentar untuk "Kamus Istilah Geologi Online Glossary D"