Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamus Istilah Geologi Online Glossary C

Untuk istilah geologi yang diawali dengan abjad lain Kamus Istilah Geologi Online Glossary C

KAMUS GEOLOGI ONLINE

Untuk istilah geologi yang diawali dengan abjad lain Klik Disini

Caldera (Kaldera)

Kaldera yaitu kawah berbentuk mangkuk besar yang terkait dengan ventilasi vulkanik. Sebuah kaldera sanggup terbentuk dari ledakan gunung berapi atau runtuhnya kerucut vulkanik ke sebuah dapur magma yang kosong.

Carbonate Rock (Batuan Karbonat)

Batuan karbonat yaitu batuan yang utamanya tersusun atas mineral karbonat (mineral yang mengandung struktur anionik CO3). Batugamping (terutama terdiri dari calicite-CaCO3) dan Dolostone (komposisi utama dolomit - CaMg (CO3) 2 yaitu pola batuan karbonat yang paling umum.

Carbonic Acid (Asam Karbonat)

Asam karbonat yaitu suatu asam lemah (H2CO3) yang terbentuk dari reaksi air dan karbon dioksida. Sebagian besar air hujan yaitu asam karbonat sangat lemah dibuat oleh reaksi hujan dengan sejumlah kecil karbon dioksida di atmosfer.

Cataclastic Rock (Batuan Kataklastik)

Batuan kataklastik yaitu hancuran batuan yang terbentuk dan tergeser selama gerakan tektonik.

Cement (Semen)

Semen yaitu sebuah endapan padat kalsium karbonat, silika, oksida besi, mineral tanah liat atau materi lainnya yang terbentuk dalam ruang pori sedimen dan mengikat ke dalam batuan sedimen.

Cementation (Penyemenan/Sementasi)

Sementasi yaitu proses pengendapan kimia pada ruang/pori sedimen yang berfungsi mengikat bab dalam batuan sedimen.

Chemical Sedimentary Rock (Batuan Sedimen Kimia)

Batuan sedimen kimia yaitu batuan yang terbentuk dari pengendapan larutan mineral. Contohnya yaitu rijang dan kerikil garam.

Chemical Weathering (Pelapukan Kimia)

Pelapukan kimia yaitu lepasnya material penyusun batuan alasannya yaitu proses solution atau alterasi kimia. Alterasi yang terjadi umumnya berupa oksidasi dan hidrolisis.

Chert (Rijang)

Rijang yaitu materi mikrokristalin atau cryptocrystalline batuan sedimen yang berkomposisi SiO2. Terjadi sebagai nodul dan massa concretionary dan sangat sedikit yang ditemukan dalam bentuk deposit berlapis.

C-Horizon

C-Horizon yaitu horizon terendah dari profil tanah. Berada dibawah B-Horizon dan terdiri atas batuan dasar yang lapuk.

Cinder Cone

Cinder cone yaitu bukit berbentuk kerucut yang terdiri dari materi piroklastik yang dikeluarkan dari ventilasi vulkanik.

Cirque

Cirque yaitu sebuah depresi yang berbentuk mangkuk dengan sisi sangat curam yang terbentuk di atas gunung gletser. Bentuk dari proses pelapukan cuek iklim termasuk es wedging dan pemetikan.

Clastic (Klastik)

Klastik yaitu akumulasi pecahan/puing hasil pelapukan yang telah tertransportasi. Istilah klastik sering merujuk kepada batuan sedimen ibarat serpih, batulanau, batupasir, atau konglomerat dan material sedimen ibarat lumpur, pasir, atau kerikil.

Clay (Lempung)

Lempung yaitu partikel mineral klastik yang mempunyai ukuran butir lebih kecil dari 1/256 mm. Istilah ini juga dipakai dalam tumpuan untuk kategori yang luas pada mineral silikat hidrat dimana tetrahedrons silikanya membentuk lembaran-lembaran (sheets).

Coal (Batubara)

Batubara yaitu batuan sedimen berwarna cokelat atau hitam yang terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tumbuhan. Batubara gampang terbakar alasannya yaitu mengandung setidaknya 50% (berat) senyawa karbon.

Compaction (Pemadatan/Kompaksi)

Kompaksi yaitu sebuah proses kompresi yang mengorientasikan ulang (re-orientasi) dan membentuk ulang butiran sedimen akhir gaya berat deposit yang berada diatasnya.

Composite Cone

Composite cone yaitu gunung berapi berbentuk kerucut yang terdiri dari variasi lapisan bubuk dan lava. Juga dikenal sebagai sebuah stratovolcano.

Cone of Depression (Kerucut Depresi)

Kerucut depresi yaitu bentuk kerucut penurunan muka air di sekitar sumur produksi.

Contact Metamorphism (Metamorfisme Kontak)

Metamorfisme kontak yaitu perubahan batuan, terutama oleh panas. Sering terjadi erat dengan dike, sill, dapur magma atau pada badan magma lainnya.

Contour Line (Garis Kontur)

Garis kontur yaitu garis pada peta yang mengatakan lokasi pada nilai variabel konstan. Misalnya, garis kontur titik elevasi ketinggian yang sama di seluruh peta. Contonhnya, Semua titik "10 meter" pada garis kontur mengatakan 10 meter di atas permukaan laut.

Contour Map (Peta Kontur)

Peta kontur yaitu peta yang mengatakan perubahan nilai variabel di atas wilayah geografis melalui penggunaan garis kontur. Misalnya, peta kontur mempunyai elevasi garis penunjuk ketinggian yang sama di seluruh peta. Lihat juga istilah: garis kontur dan peta topografi.

Cubic Feet Per Second

Cubic Feet Per Second yaitu satuan ukuran yang sering dipakai untuk mengukur laju fatwa air. Ini sama dengan volume air dengan tinggi dan lebar 1 kaki, bergerak dalam jarak linear 1 kaki dan dalam kurun waktu 1 detik.

Untuk istilah geologi yang diawali dengan abjad lain Klik Disini

Posting Komentar untuk "Kamus Istilah Geologi Online Glossary C"