Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Senam Kegel Dan Keuntungannya Bagi Tubuh

Senam kegel merupakan gerakan-gerakan melatih otot panggul bawah yang bermanfaat untuk menguatkan vagina dan penis.

Manfaat yang sanggup diperoleh dengan rutin melaksanakan senam kegel ialah sebagai berikut.
  • Menguatkan otot panggul bawah sehingga tidak terjadi kencing tanpa kontrol (biasa terjadi pada orang renta atau sehabis operasi prostat).
  • Pada laki-laki senam kegel sanggup menguatkan ereksi dan mencegah proses ejakulasi sehingga kegiatan seksual berlangsung lebih usang (mengatasi duduk kasus susah ereksi dan ejakulasi dini).
  • Pad perempuan senam ini akan menciptakan vagina semakin rapat alasannya ialah otot panggul yang menguat (hubungan seksual menjadi lebih terasa).
  • Pada ibu hamil senam ini akan mengakibatkan otot panggul bawah besar lengan berkuasa dan lentur sehingga proses melahirkan menjadi lebih gampang dan lancar (jadi tidak perlu operasi sesar).

Setelah mengetahui manfaat-manfaat di atas masih tidak ingin berlatih kegel?

Namun sebelum saya jelaskan langkah-langkah dalam senam kegel ada baiknya saya jelaskan dulu apa yang disebut sebagai otot panggul bawah. Karena otot ini yang menjadi fokus utama dalam senam kegel dan otot inilah yang akan dilatih biar menjadi lebih kuat.

Dimana sih letak otot panggul bawah?

gerakan melatih otot panggul bawah yang bermanfaat untuk menguatkan vagina dan penis Cara Senam Kegel dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Perhatikanlah gambar di atas untuk mengetahui letak panggul bawah. Makara otot ini terletak di selangkangan namun tidak termasuk otot paha maupun otot pantat. Dalam gambar di atas otot yang di maksud diberi tanda berupa warna biru dan diberi nama pc muscle yang merupakan abreviasi dari pubococcygeus muscle.

Langkah-langkah senam kegel

Seperti senam-senam yang lain, hasil dari senam kegel gres nampak apabila dilakukan secara rutin setiap hari paling tidak sehabis 4 bulan. Yang pertama harus dilakukan ialah mencari tahu letak otot panggul bawah. Saat anda sedang kencing lalu menahan keluarnya air kencing tersebut maka yang bekerja ialah otot panggul bawah, ingatlah otot tersebut yang harus dilatih.

Setelah anda menemukan dimana letak otot panggul bawah selanjutnya sanggup mulai melaksanakan langkah-langkah berikut.
  • Kosongkan kandung kemih lalu berbaringlah.
  • Kencangkan otot panggul bawah dan tahan selama 5 detik.
  • Ulangi proses ini sampai 10 kali dengan diselingi istirahat selama 3 detik di sela-selanya.
  • Bila telah terasa gampang menahan selama 5 detik sanggup ditingkatkan menjadi 10 detik.
  • Lakukan kegiatan ini selama 3 kali sehari.
  • Setelah 4 bulan akan mulai nampak keuntungannya berupa otot panggul yang lebih kuat.
  • Setelah anda terbiasa, latihan ini sanggup dilakukan sambil duduk, berjalan, dan acara lainnya.
Praktis bukan..yang susah ialah menjaga konsistensi untuk terus mempraktekkannya.

Note:
Banyak laki-laki cukup umur melaksanakan senam kegel untuk memperlama proses ereksi dan mencegah ejakulasi dini. Penderita ejakulasi dini ditandai dengan keluarnya sperma sehabis beberapa menit berafiliasi tubuh (umumnya 2 menit atau kurang). Dengan latihan kegel secara rutin ejakulasi sanggup ditahan sampai 20 menit bahkan 30 menit bagi yang telah berpengalaman. Senam ini ditemukan oleh dr. Arnold Kegel di tahun 1940-an.

Bacaan lanjut.

Effects of Sex Education and Kegel Exercises on the Sexual Function of Postmenopausal Women: A Randomized Clinical Trial

Strengthening the pelvic floor with Kegel exercises

Posting Komentar untuk "Cara Senam Kegel Dan Keuntungannya Bagi Tubuh"