Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tenaga Endogen Ialah Tenaga Dari Bawah Permukaan Bumi, Ini Pengertian Lengkapnya

Menurut ilmu geologi, tenaga endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi (bawah permukaan). Bumi dibuat oleh banyak proses geologi yang berbeda-beda. Kekuatan yang menimbulkan perubahan fitur bumi sanggup berasal dari atas permukaan maupun dibawah permukaan bumi. Tenaga endogen mewakili kekuatan bawah permukaan sedangkan tenaga eksogen merupakan kekuatan dari atas permukaan.

Tenaga endogen sebagian besar diakibatkan oleh energi panas (thermal) mantel dan kerak bumi. Energi termal ini berasal dari peluruhan atau disintegrasi unsur radioaktif menyerupai uranium, torium, dan potassium serta perbedaan gravitasi di dalam mantel bumi. Pergerakan lempeng litosfer diperkirakan dihasilkan oleh arus konveksi energi panas di dalam mantel.

Sedikitnya ada 3 macam tenaga endogen paling utama, yaitu: melipat (fold), mensesarkan (fault), dan vulkanisme. Mereka sering terbentuk di sepanjang batas lempeng, yaitu zona yang terletak di tepian lempeng bumi. Zona disepanjang batas lempeng merupakan zona paling lemah.

Contoh tenaga endogen baik itu proses maupun fitur yang dihasilkannya adalah: gempabumi, kemunculan dan perkembangan benua, palung laut, gunung-pegunungan, acara vulkanik, metamorfisme batuan, deformasi, serta pergerakan kerak baik secara vertikal maupun lateral.

Banyak sistem pegunungan menyerupai Himalaya merupakan produk tumbukan lempeng litosfer. Pergerakan pecahan lempeng, lipatan batuan, dan tumbukan (collision) sanggup menghasilkan rangkaian pegunungan luas maupun kerucut vulkanik. Tenaga ini juga sanggup menghasilkan bentang alam dipermukaan, misalnya bentang alam struktural.

 tenaga endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi  Tenaga Endogen Adalah Tenaga Dari Bawah Permukaan Bumi, Ini Pengertian Lengkapnya

Pertanyaan yang sering berafiliasi dengan proses-proses endogen yaitu sebagai berikut:
  • Sebutkan macam-macam tenaga endogen ?
  • Sebutkan pola tenaga endogen ?
  • Jelaskan jenis-jenis tenaga endogen ?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai proses endogen, silahkan menuju ke artikel geologinesia pada link dibawah ini:
1. Mengenal Orogenesa sebagai Gerak Pembentuk Pegunungan
2. Jenis dan Proses Terbentuknya Batu Marmer

Posting Komentar untuk "Tenaga Endogen Ialah Tenaga Dari Bawah Permukaan Bumi, Ini Pengertian Lengkapnya"