Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kaldera Yaitu Kawah Vulkanik, Ini Pengertian Lengkapnya

Menurut ilmu geologi, kaldera yakni kawah vulkanik yang terbentuk jawaban letusan besar (eksplosif) gunung berapi, serta runtuhnya batuan penyangga ke dalam dapur magma. Banyaknya volume magma yang mendesak ke luar akan menghasilkan retakan batuan penyangga gunungapi, sehingga pada saatnya batuan tersebut akan runtuh sampai meninggalkan jejak berupa lubang besar atau biasa disebut juga dengan kawah vulkanik.

Contoh kaldera yang sangat terkenal yakni Kaldera Toba. Kaldera ini memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 35 kilometer, terbentuk dari hasil ledakan sangat besar dan sering disebut sebagai "Toba Supervolcano". Erupsi Toba merupakan erupsi terbesar di muka bumi, terjadi pada sekitar 73 ribu tahun lalu. Kawah vulkanik tersebut ketika ini berkembang menjadi menjadi objek wisata terkenal yang disebut dengan Danau Toba.

 kaldera yakni kawah vulkanik yang terbentuk jawaban letusan besar  Kaldera Adalah Kawah Vulkanik, Ini Pengertian Lengkapnya

Pertanyaan lain yang sering bekerjasama dengan jawaban diatas yakni sebagai berikut:
  • Kaldera yakni apa ?
  • Jelaskan pembentukan kaldera ?
  • Contoh kaldera di Indonesia ?
  • Definisi kaldera adalah  ?
  • Pengertian kaldera yakni ?
  • Kaldera terbesar di dunia yakni ?

Untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu kaldera, silahkan menuju ke artikel geologinesia terkait dengan kaldera dan letusan gunung berapi, pada link dibawah ini:
1. Kaldera Gunung Api dan Proses Pembentukannya
2. Danau Vulkanik dan Gunung Batur Kawasan Geopark Global Pertama di Indonesia
3. Apakah Letusan Gunung Berapi di Papua Nugini Bisa Berdampak ke Papua?

Posting Komentar untuk "Kaldera Yaitu Kawah Vulkanik, Ini Pengertian Lengkapnya"