Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Dan Profil Negara Thailand (Tailan)

Negara Thailand (Tailan) terletak di Asia Tenggara. Thailand mempunyai panjang garis perbatasan 5.673,00 km, dimana dengan Laos (1.845 km), Kamboja (817 km), Burma (2.416 km), dan Malaysia (595 km). Konflik di Thailand sering terjadi di provinsi bab Selatan yang melibatkan wilayah Melayu-Muslim berbatasan dengan Malaysia.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Perancis

Thailand merupakan negara di Benua Asia dengan luas wilayah 513.120,00 km2, dimana 0,43% ialah perairan dan 510.890,00 km2 merupakan daratan. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-52 di dunia atau sekitar tiga kali ukuran Florida. Koordinat geografisnya ialah 15 00 N, 100 00 E dan Bangkok ialah ibukota nya. Nama Thailand berasal dari kata "Land of the Tai People" (Tanah Rakyat Tai). Kode ISO-nya ialah TH.

Peta Negara Thailand

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Thailand dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Thailand, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

 Thailand mempunyai panjang garis perbatasan  Peta dan Profil Negara Thailand (Tailan)

Negara-negara yang berbatasan dengan Thailand: Kamboja, Burma, Malaysia, Laos, .

Kota-kota di Thailand: Chiang Rai, Ayutthaya, Chiang Mai, Kalasin, Kamphaeng Phet, Chon Buri, Hat Yar, Khon Kaen, Krung Thep (Bangkok), Nakhon Pathom, Nakhon Ratchasima, Lampang, Mae Sot, Nakhon Sawan, Nakhon Si Thammarat, Phitsanulok, Phrae, Phuket, Nan, Narathiwat, Pattani, Prachin Buri, Sisaket, Songkhla, Surat Thani (Ban Don), Uthsi Thani, Rayong, Samut Sakhon, Saraburi, Ratchathani, Udon Thani, Surin, Trang, Ubon dan Yala.

Lokasi Penting di Thailand: Sungai Mekong, Laut Andaman, Bilauktaung Range, Dawna Range, Gulf of Martaban, Gulf of Thailand, Sungai Chi, Dangrek Range, Luang Prabang Range, Thale Luang, Thale Sap, Phetchabun Range, , Ubolratna Reservoir, Sungai Ping, Sungai Salween, Sungai Mun, Sungai Nan, Selat Malaka, Tanen Range, Songkhladan Sungai Yom.

Profil Negara Thailand

Dibawah ini merupakan profil negara Thailand yang meliputi geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, ancaman alam (natural hazard), juga gosip lingkungannya.

Geografi
Thailand mempunyai ketinggian rata-rata 287 m dpl. Titik terendahnya ialah Teluk Thailand. Elevasi tertingginya ialah Doi Inthanon yang tingginya mencapai 2.576 m. Negara ini mempunyai iklim tropis dengan animo hujan dan kemarau yang bergantian. Topografi terdiri dari dataran, serta beberapa kawasan pegunungan.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Brazil (Brasil)

Jumlah Penduduk (Populasi)
Thailand mempunyai populasi 68.200.824 orang menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-20 di dunia. Kepadatan penduduk tertinggi sanggup ditemukan di Kota Bangkok dan wilayah sekitarnya. Bahasa Thai ialah bahasa resminya. Etnik utamanya ialah Thai, serta lebih banyak didominasi penduduk menganut agama Budha. Kode panggilan untuk negara ini ialah 66.

Pemerintahan
Thailand merupakan sebuah negara merdeka yang pendirian tradisionalnya terjadi pada tahun 1238. Konstitusi terakhirnya diratifikasi pada tahun 2017. Sistem Pemerintahan Thailand ialah Monarki konstitusional (catatan: pemerintah berhubungan dengan militer semenjak Mei 2014).

Ekonomi
GDP (PPP) Thailand ialah $1,160,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita  $16,800.00 (USD). Hal ini menjadikannya negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-20 di dunia, serta warganya terkaya ke-96 di dunia. Mata uang Thailand ialah Baht (THB).

Mitra ekspor utamanya ialah Amerika Serikat, China, dan Jepang. Ekspor utamanya ialah kendaraan beroda empat dan suku cadang, komputer dan suku cadang, pemanis serta watu mulia, dan polimer. Mitra impor utamanya ialah China, Jepang, dan Amerika Serikat. Impor utamanya meliputi mesin, minyak mentah, dan materi kimia.

Sumberdaya Alam
Sumberdaya alam logam di Thailand meliputi timbal, timah, tantalum dan tungsten. Berbagai sumber daya alam lainnya di negara ini juga meliputi gypsum, fluorite, gas alam, lignit, kayu, ikan, karet serta lahan garapan.

Bahaya Alam
Penurunan tanah banyak terjadi di kawasan Bangkok Thailand, yang diakibatkan oleh turunnya muka air tanah. Selain itu, kekeringan juga sering melanda negara ini.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Inggris

Isu Lingkungan
Thailand mempunyai dilema pencemaran lingkungan terkait pencemaran udara, air, dan lahan. Ini termasuk polusi udara dari emisi kendaraan, pencemaran air dari limbah organik pabrik, dilema lahan dengan deforestasi, juga pengikisan tanah. Populasi satwa liar di Thailand juga terancam oleh perburuan liar.

Informasi yang selalu ingin diketahui orang menyangkut profil negara Thailand adalah:
1. Wisata Thailand yang terkenal
2. Nama Ibukota Thailand
3. Letak Astronomis Thailand
4. Etnik Orang Thailand
5. Julukan Negara Thailand
6. Iklim Negara Thailand
7. Letak Geografis Thailand
8. Jumlah Penduduk Thailand
9. Sistem Pemerintahan Thailand
10. Mayoritas Agama di Thailand
11. Budaya Thailand yang paling populer
12. Hari Kemerdekaan Thailand

Posting Komentar untuk "Peta Dan Profil Negara Thailand (Tailan)"