Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Dan Profil Negara Perancis (France)

Negara Perancis (France) terletak di Eropa Barat, Perancis mempunyai garis perbatasan 2.751.00 km, dimana dengan Andorra (55 km), Belgia (556 km), Jerman (418 km), Italia (476 km), Luksemburg (69 km), Monaco (6 km), Spanyol ( 646 km) dan Swiss (525 km). Selain itu Guyana Perancis mempunyai perbatasan sepanjang 1205 km sepanjang Suriname dan Brazil. Perancis terlibat dalam sengketa teritorial terhadap banyak sekali pulau yang melibatkan Madagaskar, Suriname, Vanuatu, dan Komoro.

Perancis ialah negara Eropa yang mempunyai luas wilayah 643.801,00 km2, dimana 0.52% ialah perairan dan 640.427,00 km2 ialah daratan. Wilayah Perancis juga meliputi wilayah luar negeri Guyana Perancis, Guadeloupe, Martinique, Mayotte, dan Reunion. Hal ini menjadikannya sebagai negara terluas ke-44 di dunia atau empat kali ukuran Georgia. Koordinat geografis Perancis ialah 46 00 N, 2 00 E dan Paris ialah ibukotanya. Nama Perancis berasal dari bahasa Latin "Francia". Kode ISO-nya ialah FR.

Baca juga: Peta dan Profil Negara China (Cina)

Peta Negara Perancis

Dibawah ini disajikan posisi (letak) negara Perancis dalam peta dunia, lengkap dengan perbatasan antar negaranya, nama-nama kota di Perancis, dan beberapa lokasi penting di negara ini.

 Selain itu Guyana Perancis mempunyai perbatasan sepanjang  Peta dan Profil Negara Perancis (France)

Negara-negara yang berbatasan dengan Perancis: Belgia, Luxembourg, Andorra, Jerman, Italia, Swiss, Monako, dan Spanyol.

Kota-kota di Perancis: Basel, Amiens, Bayeux, Bayonne, Besanoon, Angers, Avignon, Bordeaux, Bourges, Brest, Caen, Chambery, Cherbourg, Cannes, Chalons sur Marne, Clermont Ferrand, La Rochelle, Dax, Dijon, Grenoble, Le Havre, Loriant, Lourdes, Lyon, Marseille, Le Mans, Lille, Limoges, Metz, Nantes, Nice, Nimes, Orleans, Paris, Pau, Montpellier, Mullhouse, Nancy, Perpignan, Rouen, Saint Nazaire, Strasbourg, Toulon, Tours, Troyes, Poitiers, Port Bou, Reims, Toulouse dan Valenciennes.

Lokasi Penting di Perancis: Baie de Douarnenez, Alps, Baie de la Seine, Bay of Biscay, Baie de Bourgneuf, Dordogne River, Terusan Inggris, Golfe du Lion, Golfe du Morbihan, Lac d'Annecy, Sungai Gironde, Golfe de St.-Malo, Lac de Grand Lieu, Lac Leman, Sungai Loire, Sungai Lot, Sungai Marne, Lac de Serre-Poncon, Lac du Bourget, Laut Mediterania, Sungai Meuse, Sungai Rhone, Sungai Seine, Selat Dover, Sungai Moselle, Pegunungan Pyrenees, dan Pegunungan Ural.

Profil Negara Perancis

Dibawah ini merupakan profil negara Perancis yang meliputi geografi, populasi, pemerintahan, ekonomi, sumberdaya alam, ancaman alam (natural hazard), dan informasi lingkungannya.

Geografi
Perancis mempunyai ketinggian rata-rata 375m dpl. Titik terendahnya ialah delta Sungai Rhone yang berada di bawah permukaan laut. Elevasinya tertingginya ialah Pegunungan Blanc yang tingginya 4.807m.

Iklim di sebagian besar wilayah negara ini bervariasi, dari sejuk sampai dingin, dengan animo panas yang lebih hangat dan animo hambar yang lebih hambar terutama di wilayah selatan Mediterania. Daerahnya sebagian besar landai, dengan perbukitan bergelombang di utara dan barat serta pegunungan di bab selatan dan timur.

Jumlah Penduduk (Populasi)
Perancis mempunyai populasi sebanyak 66.836.154 orang, menjadikannya sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-21 di dunia. Sebagian besar penduduk negara ini tinggal di sebelah tenggara dan utara.

Baca juga: Peta dan Profil Negara India

Bahasa Prancis merupakan bahasa resmi. Kelompok etnis utama yang dilaporkan ialah Celtik dan Latin dengan minoritas Slavia, Teutonik, Indocina, Afrika Utara, dan Basque. Mayoritas penduduknya memeluk agama Nasrani Roma, dengan minoritas Muslim. Kode panggilan untuk negara ini ialah 33.

Pemerintahan
Perancis merupakan sebuah negara merdeka. Republik Perancis didirikan pada tahun 1792. Konstitusi terakhirnya diratifikasi pada tahun 1958 dengan sistem pemerintahan Semi-Presidensial Republik.

Ekonomi
GDP (PPP) Prancis ialah $2,700,000,000,000.00 (USD) dengan GDP per kapita $42,400.00 (USD). Hal ini menjadikannya negara dengan tingkat ekonomi terbesar ke-10 di dunia serta warganya terkaya ke-38 di dunia. Mata uang negara ini ialah Euro (EUR).

Mitra ekspor utamanya ialah Jerman, Spanyol, dan Amerika Serikat. Ekspor utamanya ialah mesin dan peralatan transportasi, serta pesawat terbang. Mitra impor utamanya ialah Jerman, China, dan Italia. Impor utamanya meliputi mesin serta peralatannya, kendaraan, minyak mentah, dan pesawat terbang.

Sumberdaya Alam
Perancis mempunyai beberapa sumber mineral yang meliputi bijih besi, bauksit, seng, feldspar, fluorospar dan gypsum. Berbagai sumberdaya alam lainnya dari negara ini meliputi kalium, antimon, arsenik, batubara, uranium, kayu, dan ikan.

Baca juga: Peta dan Profil Negara Argentina

Bahaya Alam
Perancis mempunyai banyak ancaman alam (Natural Hazard), beberapa di antaranya adalah: banjir, tanah longsor, angin kencang angin animo semi, kekeringan, serta kebakaran hutan yang sering terjadi di bab selatan akrab Mediterania.

Isu Lingkungan
Perancis mempunyai problem pencemaran lingkungan terkait pencemaran udara dan air. CIA "The World Factbook" melaporkan bahwa polusi udara banyak berasal dari emisi industri dan kendaraan, dan polusi air berasal dari limbah perkotaan dan limpasan kegiatan pertanian. Di negara ini juga terjadi beberapa kerusakan hutan akhir hujan asam.

Posting Komentar untuk "Peta Dan Profil Negara Perancis (France)"