Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sumur Artesis

Secara harfiah sumur ialah sebuah lubang yang sengaja dibentuk oleh insan ke dalam tanah, guna memperoleh air. Selain itu, penggalian lubang tersebut juga dimanfaatkan untuk memperoleh gosip wacana lapisan tanah itu sendiri. Sehingga keberadaan suatu sumur sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Dahulu insan hanya memanfaatkan sungai sebagai sumber air untuk kehidupannya. Namun, kini mereka telah beralih dengan memanfaatkan sumur sebagai sumber air. Maka dari itu, banyak dilihat rumah-rumah warga yang mempunyai sumur yang biasanya terletak di luar rumah. Lalu bagaimana dengan sumur Artesis ??.

A. Definisi Sumur Artesis

Secara terminologi, Sumur Artesis ialah sebuah bentuk sumur yang mempunyai kedalam lubang yang lebih dalam dari pada sumur biasa. Sumur ini juga dikenal dengan istilah deep well. Biasanya proses penggalian sumur ini memerlukan beberapa alat pengeboran yang cukup canggih. Sementara sumur biasa umumnya hanya mengandalkan tenaga insan dengan pinjaman alat sederhana untuk menggali sebuah lubang. Hal ini sesuai dengan kondisi kedalaman dari masing-masing sumur itu sendiri.

Pada dasarnya manfaat sumur bagi insan ialah sebagai sumber air bagi kehidupan insan itu sendiri, demikian pula halnya sumur satu ini. Sumur jenis ini banyak dimanfaatkan oleh pabrik, industri, ataupun gedung-gedung yang membutuhkan pasokan air dalam jumlah besar. Sehingga kehadiran para jasa pembuat sumur ini sangat dibutuhkan. Biasanya ongkos dalam pembuatan sumur satu ini relatif lebih mahal dari pembuatan sumur biasa. Hal ini dikarenakan dari sisi kebutuhan peralatan yang lebih canggih dan juga keahlian khusus dalam menggali sumur tersebut.

Secara harfiah sumur ialah sebuah lubang yang sengaja dibentuk oleh insan ke dalam tanah Mengenal Sumur Artesis

B. Pembuatan Sumur Artesis

Sebagaimana dikatakan semula, bahwa proses pembuatan sumur ini memerlukan peralatan yang memadai. Di samping  itu, pembuatan Sumur Artesis juga membutuhkan perencanaan yang matang. Pasalnya sumur akan di buat melalui proses pengeboran ke dalam tanah memakai alat tertentu. Tentunya hal ini akan membutuhkan perhitungan yang sempurna supaya proses pengeboran benar-benar menghasilkan air yang bagus. Biasanya proses pembuatan akan diubahsuaikan dengan peruntukan dari sumur itu sendiri. Misalnya untuk keperluan Rumah pribadi, Industri, Perkantoran, Kampus, dan sebagainya.

Tingkat kedalaman dari setiap pengeboran yang dilakukan berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Hal itu sangat bergantung pada lapisan tanah yang mengandung kadar air (lapisan aquifer). Sehingga jangan heran jikalau nantinya Anda akan menemukan kedalaman sumur yang berbeda-beda. Namun, yang diperhatikan ialah biaya dari pembuatan sumur ini. Karena biasanya semakin dalam sumur, upah jasa penggalian juga akan semakin besar. Kemudian alat-alat yang dibutuhkan juga akan bertambah.

Ketika ingin bermaksud menciptakan sumur ini di kediaman Anda, biasanya penyedia jasa pengeboran akan memperhitungkan beberapa hal. Diantaranya, memperkirakan kualitas air tanah yang akan dihasilkan dan kelayakan sumur untuk dipakai dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, pembuatan Sumur Artesis ini juga harus mempertimbangkan aspek hidrologi di tempat penggalian sumur itu sendiri. Misalnya lapisan-lapisan sedimen dalam tanah, kondisi waterbalance aquifer, serta jenis-jenis logam yang terkandung di dalam tanah. Oleh sebab itu, proses pembuatan sumur ini akan dilakukan oleh orang-orang yang telah andal di bidangnya.

C. Kelebihan dan Kekurangan Sumur Artesis

Sebagaimana diketahui bahwa sumur mempunyai tugas penting dalam kehidupan insan yaitu sebagai sumber air,  demikian pula halnya dengan Sumur Artesis ini. Sumur ini juga berperan sebagai sumber air bagi manusia. Namun ada beberapa kelebihan dari sumur ini jikalau dibandingkan dengan sumur lainnya. Diantaranya ialah sumur ini mempunyai air yang unggul dari sisi kuantitas. Jika sumur biasa sewaktu-waktu akan sanggup mengalami kekeringan, maka sumur ini akan jauh dari hal itu. Selain itu, jika  proses pembuatan sumur dilakukan secara benar, maka air yang dihasilkan juga mempunyai kualitas yang baik.

Di samping unggul dari sisi kuantitas dan kualitas, sumur ini juga sanggup mempermudah kegiatan manusia. Manusia tidak perlu repot-repot lagu harus menimba ari dari sumur yang dalam.  Namun, cukup dengan menghidupkan pompa air yang tersambung eksklusif dengan sumur tersebut. tentunya hal akan menghemat waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk kegiatan sehari-hari. Terlebih bagi Ibu-Ibu yang mempunyai segudang pekerjaan rumah tangga yang sangat bergantung pada ketersediaan air.

Selain mempunyai kelebihan, sumur ini juga mempunyai kekurangan. Hal itu berupa pengaruh negatif yang ditimbulkan dari kegiatan pemanfaatan sumur itu sendiri. Keberadaan sumur yang telah menjamur di banyak sekali tempat, telah menciptakan berkurang debit air tanah di daerah itu sendiri. Hal ini sanggup dilihat dari daerah perkotaan yang telah banyak mempunyai sumur satu ini. Oleh sebab itu, perlu penggunaan yang bijak dari sumur satu ini. Sehingga kegiatan penggunaannya tidak menunjukkan dampak negatif bagi lingkungan.

Demikianlah beberapa gosip terkait Sumur Artesis. Semoga beberapa hal di atas sanggup bermanfaat bagi Anda. Perlu diingat bahwa segala kegiatan insan di bumi akan menunjukkan dampak bagi kelangsungan bumi itu sendiri. Oleh sebab itu, bijaklah dalam berbuat sehingga bumi akan tetap terawat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sumur Artesis"