Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#5 Manfaat Air Tanah Dalam Kehidupan Manusia

Manusia mempunyai kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Jika tidak dipenuhi maka insan tidak akan sanggup bertahan hidup. Kebutuhan utama itu yaitu udara, air dan makanan. Ketiga hal ini yaitu hal yang paling dibutuhkan insan untuk sanggup bertahan hidup. Jika salah satu saja tidak dipenuhi maka insan sanggup dipastikan tidak akan sanggup bertahan hidup. Dalam ulasan ini akan dibahas perihal air sebagai kebutuhan utama insan beserta manfaatnya. Air berasal dari aneka macam sumber. Ada yang disebut sebagai air tanah yaitu air yang umumnya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Apa sebetulnya air tanah itu dan apa saja manfaat air tanah untuk kehidupan? Berikut akan dibahas lebih lengkap.

Air tanah yaitu semua jenis air yang terdapat di bawah lapisan tanah. Air tanah ini juga dibagi lagi menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam. Meskipun letaknya tersembunyi di bawah permukaan tanah, namun air yang tergolong dalam air tanah mempunyai peranan penting. Air yang bersumber dari dalam tanah ini merupakan air dengan jumlah terbesar dibandingkan jenis permukaan maupun air  yang ada di atmosfer, yaitu sebesar 0.6 persen. Pada umumnya, air yang sering dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari insan yaitu air tanah dangkal. Dengan kedalaman antara 9-15 meter dari permukaan tanah, volume air tanah diklaim sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berbagai manfaat air tanah juga sanggup didapatkan selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyediakan Air Bersih
Manfaat air tanah yang pertama dan utama tentu saja untuk menyediakan air higienis alami yang nantinya sanggup dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup manusia. Jenis air ini sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan air higienis alasannya air tanah tertutup dan dilindungi oleh batu-batuan. Air tanah terletak di dalam tanah yang mana sudah mengalir melewati aneka macam jenis batuan. Batuan-batuan ini berfungsi sebagai alat penyaring alami. Maka dari itu, air ini dijadikan sebagai sumber air alami tanpa perlu difilter lagi.

2. Sebagai Sumber Pengairan Pertanian (Irigasi)
Manfaat dari air tanah ini yang tak kalah penting yaitu sebagai sumber irigasi. Dalam pertanian, pengairan yaitu hal yang sangat penting. Sistem dan jumlah pengairan yang sempurna akan sangat mempengaruhi hasil panen. Saat animo kemarau dengan curah hujan yang rendah, para petani masih harus mendapat air untuk mengairi tanamannya. Jika ketersediaan air di permukaan tanah sedikit, solusi yang sanggup dipakai yaitu dengan memakai air tanah. Caranya yaitu dengan menciptakan sumur untuk mengalirkan air tanah ke permukaan dan dialirkan ke sawah.

Manusia mempunyai kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk menunjang kelangsungan hidupnya #5 Manfaat Air Tanah dalam Kehidupan Manusia

3. Sumber Energi untuk Pembangkit Listrik
Semua orang sudah niscaya tahu bahwa anutan air sanggup dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Biasanya untuk pembangkit listrik ini dipakai air permukaan menyerupai sungai atau danau. Siapa sangka bila manfaat air tanah yang selanjutnya sanggup dipakai sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Jika pada air permukaan memanfaatkan anutan air, maka yang sedikit berbeda diterapkan untuk air tanah. Aliran air bawah tanah yang membentuk sungai dibendung terlebih dahulu. Setelah itu, air dipompa ke atas dan dialirkan ke power house. Disini air akan bekerja menggerakkan turbin yang sanggup menghasilkan listrik.

4. Memenuhi Kebutuhan Industri
Tidak hanya dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, air tanah juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industri. Manfaat air tanah dalam bidang industri ini memanfaatkan air tanah sebagai materi baku maupun sebagai materi suplemen pendukung proses produksi. Air tanah sebagai materi baku utama biasanya diharapkan oleh industri-industri air minum kemasan. Air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh pabrik rata-rata mengambil air tanah sebagai materi utamanya. Sedangkan untuk materi pendukung, air tanah biasanya dipakai oleh industri pengrajin batik. Air ini sangat dibutuhkan dalam rangkaian proses pembuatan batik. Semakin baik kualitas air tanah yang dipakai akan sangat mempengaruhi kualitas batik yang dihasilkan.

5. Sebagai Sarana Wisata
Pemanfaatan air tanah sebagai sebuah destinasi wisata memang masih cukup asing, namun bukan berarti tidak ada. Adanya sungai bawah tanah merupakan sebuah alternatif wisata yang cukup digemari belakangan ini. Adanya anutan sungai bawah tanah ini lalu dimanfaatkan untuk menciptakan aktivitas menyenangkan menyerupai diving dan black water rafting yang biasanya dilakukan di sungai bawah tanah.

Sebagai salah satu sumber kehidupan, air memang harus dipenuhi, baik dalam jumlah besar maupun kecil. Sama halnya dengan adanya air tanah. Ada bermacam-macam manfaat air tanah yang sanggup diambil dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain memenuhi kebutuhan air higienis untuk dikonsumsi, air tanah juga bermanfaat dalam aneka macam bidang kehidupan. Bisa dilihat dari manfaat yang sanggup diambil dari adanya air tanah untuk pertanian, sumber energi sampai sebagai sarana wisata. Jika sanggup memanfaatkannya dengan bijak, kita juga akan sanggup menikmati bermacam-macam manfaat ini lebih lama.

Posting Komentar untuk "#5 Manfaat Air Tanah Dalam Kehidupan Manusia"