Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pola Sumber Daya Alam Yang Tidak Sanggup Diperbaharui

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dikenal juga dengan istilah unreneweable resources. Yang dimaksud tidak sanggup diperbaharui yaitu tidak sanggup di daur ulang, tidak sanggup dikembangkan dan dibentuk oleh manusia. Sumber daya alam intinya dibagi menjadi dua yakni Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan yang tidak sanggup diperbaharui. SDA yang tidak sanggup diperbaharui akan habis kalau digunakan secara terus-menerus. Sebab keberadaannya di bumi terbatas.

Setelah dimanfaatkan, sumber daya alam ini tidak sanggup digunakan lagi. Meskipun demikian, sumber daya alam ini tetap sanggup terbentuk kembali. Hanya saja waktu yang diharapkan untuk proses pembentukannya sangatlah lama. Bahkan sanggup mencapai ratusan juta tahun lamanya. Jumlah sumber daya alam ini relatif tetap alasannya tidak ada pembentukan kembali ataupun penambahan.

Umumnya, sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui berupa mineral-mineral bumi mulai dari mineral non logam sampai mineral non logam. Berdasarkan tingkat kebutuhan manusia, SDA yang tidak sanggup diperbaharui dibedakan menjadi dua. Berikut ini yaitu diantaranya:

1. SDA yang tidak sanggup diperbaharui cepat habis
Sumber daya alam yang cepat habis biasanya dikarenakan tingkat kebutuhan insan yang sangat tinggi dan banyak terkait dengan sumber daya alam. SDA yang sangat cepat habis diantaranya yaitu bensin, minyak bumi, gas alam, dan lain sebagainya.

2. SDA yang tidak sanggup diperbaharui tapi tidak cepat habis
Penggunaan SDA jenis ini relatif tidak tinggi sehingga membuatnya tidak gampang habis. Sumber daya alam yang tidak cepat habis dan tidak sanggup diperbaharui diantaranya yaitu intan, permata, dan emas.

Ada banyak  Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui yang bergotong-royong bersahabat dengan lingkungan masyarakat. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui umumnya mempunyai nilai yang tinggi di pasaran. Hal ini tentu saja lantaran ketersediaannya yang tetap, tidak bertambah dan kelangkaannya. Berdasarkan jenisnya, SDA yang tidak sanggup diperbaharui dibagi menjadi 2, berikut ini yaitu penjelasannya.

1. SDA Energi
SDA Energi yaitu sumberdaya alam yang tidak sanggup diperbaharuhi. Padahal, SDA ini sangatlah diharapkan oleh masyarakat. Salah satu sumber daya energi yang sangat diharapkan insan yaitu minyak bumi. Seperti yang diketahui bahwa minyak bumi yaitu endapan yang terbentuk di lautan dangkal, rawa atau wilayah yang mempunyai cekungan. Endapan ini berasal dari mikroplankton yang tercampur dengan Sapropelium (lumpur) sehabis mati.

Untuk sanggup menghasilkan minyak bumi, diharapkan waktu selama berjuta-juta tahun lamanya. Makara kalau minyak bumi habis, maka sanggup diperkirakan bahwa anak cucu insan nanti tidak akan mengenal apalagi memanfaatkan minyak bumi. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui yang dimanfaatkan untuk sumber energi selanjutnya yaitu gas alam (gas bumi) dan batubara. Saat ini, jumlah gas alam relatif masih dalam kategori aman.

Berbeda dengan minyak bumi yang mulai menipis setiap waktunya. Batubara berasal dari flora pakis-pakisan yang tumbuh pada masa prasejarah. Untuk sanggup menghasilkan kerikil bara, diharapkan waktu selama jutaan tahun. Tanaman pakis yang hidup di danau atau rawa jaman dulu mati dan saling tertimbun. Akibat temperatur yang tinggi dan tekanan yang besar, terjadilah pengarangan atau pembentukkan kerikil bara.

2. SDA  Mineral
Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui selanjutnya yaitu sumber daya mineral yang berasal dari proses penambangan. Bagi Anda yang belum tahu, mineral adalah padatan senyawa kimia non-organik. Senyawa kimia ini terbentuk secara alami dan sifatnya homogen. Bahan mineral seringkali dijadikan sebagai materi utama pembuatan banyak sekali macam logam yang mempunyai nilai tinggi di pasaran. Bahan mineral yang dibanderol dengan harga mahal salah satunya yaitu emas. Selain itu, permata, intan, safir dan kerikil mulia lainnya juga dijual dengan harga yang fantastis. Hal ini tentu saja lantaran keberadaannya yang sangat langka. Ketersediaan materi mineral yang ada di alam memang tidak sanggup bertambah walaupun digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersier manusia.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dikenal juga dengan istilah unreneweable re Inilah Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Tembaga yaitu salah satu Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui yang juga sangat diharapkan manusia. Kegunaan tembaga oleh insan banyak digunakan untuk menghantarkan listrik sehingga sanggup dimanfaatkan untuk tabung microwafe, kabel, sakelar, alat elektronik dan lain sebagainya.

Mengingat bahwa SDA yang tidak sanggup diperbaharui terbatas, maka sudah seharusnya insan membatasi diri untuk tidak memakai sumber daya alam tersebut secara berlebihan. SDA yang sanggup diperbaharui sanggup ditambahkan jumlahnya oleh manusia. Tapi SDA yang tidak sanggup diperbaharui akan habis kalau pemakaiannya tidak diperhatikan dan dibatasi.

Upaya yang sanggup dilakukan biar Sumber Daya Alam di bumi tidak habis yaitu dengan mencari alternatif lain untuk mengganti tugas sumber daya alam yang diharapkan tersebut. Misalnya minyak bumi sudah menipis, maka insan sanggup memakai energi alternatif yang jumlahnya tidak terbatas ibarat biogas untuk mengganti tugas minyak bumi sebagai materi bakar. Demikianlah ulasan mengenai Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui, semoga sanggup menambah wawasan Anda.

Posting Komentar untuk "Inilah Pola Sumber Daya Alam Yang Tidak Sanggup Diperbaharui"