Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pola Sumber Daya Alam Yang Sanggup Diperbaharui

Manusia memerlukan sumber daya alam untuk aneka macam hal. Di bumi sendiri, sumber daya alam dibagi menjadi dua macam yakni Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui. SDA yang tidak sanggup diperbaharui tentunya tidak sanggup ditambah, didaur ulang atau dibuat. Kaprikornus jikalau digunakan terus-menerus, lama-kelamaan akan habis dan tidak sanggup digunakan. Berbeda dengan SDA yang sanggup diperbaharui. Dimana sumber daya alam ini tidak akan habis atau punah walaupun digunakan secara terus menerus. Pasalnya SDA ini sanggup didaur ulang, dibentuk kembali, ditambahkan atau diperbaharui.

Dalam dunia sains, istilah SDA ini dikenal dengan sebutan renewable resources. Untuk sanggup hidup di bumi, insan memang memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Hanya saja untuk SDA yang tidak sanggup diperbaharui, insan harus lebih irit dan terbatas dalam pemakaiannya.

Berbeda dengan SDA yang sanggup diperbaharui. Dimana sumber daya alam ini mempunyai jumlah yang tidak terbatas sehingga sanggup digunakan terus menerus. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jikalau SDA tersebut seringkali digunakan sebagai sumber energi pengganti (alternatif) yang ramah lingkungan. Di kehidupan sehari-hari, Anda tentunya sering melihat bahkan memanfaatkan sumber daya dari alam yang sanggup diperbaharui. Apa saja teladan sumber daya alam yang sanggup diperbaharui? Inilah beberapa diantaranya.

1. Air
Air yakni salah satu Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui yang sangat aktual kehadirannya. Bisa dilihat sendiri bahwa air merupakan sumber daya yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Walaupun jumlahnya sangat melimpah di bumi, nyatanya air dengan kualitas terbaik harus diproses terlebih dahulu semoga sanggup digunakan untuk kehidupan sehari-hari menyerupai minum, mencuci, memasak dan lain sebagainya. Meskipun sudah digunakan secara terus menerus oleh manusia, faktanya air tidak pernah habis. Hal ini dikarenakan adanya siklus hidrologi atau biasa disebut dengan siklus air yang menciptakan air selalu diperbaharui setiap waktunya.

Manusia memerlukan sumber daya alam untuk aneka macam hal Inilah Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

2. Tumbuhan
Contoh dari Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui selanjutnya yakni tumbuhan. Tumbuhan mempunyai peranan yang penting untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia. Ada banyak tumbuhan yang sanggup dimakan menyerupai tumbuhan buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Walaupun tumbuhan tersebut banyak dimanfaatkan oleh manusia, tumbuhan tidak pernah habis. Karena tumbuhan sanggup ditanam kembali sehingga menghasilkan bibit atau benih yang lebih banyak melalui proses pembudidayaan.

3. Tanah
SDA yang sanggup diperbaharui selanjutnya yakni tanah. Tanah sanggup diperbaharui alasannya yakni meskipun sudah digunakan berkali-kali, fungsinya sebagai media tumbuhan tidak pernah berhenti. Asalkan, insan menjaga kesuburan dan kualitas tanah dengan proses pemupukan dan pengolahan tanah yang tepat. Selain digunakan sebagai media tanaman, tanah juga sanggup dimanfaatkan untuk materi pengurugan atau pemerataan lahan sebelum membangun sebuah bangunan.

4. Hewan
Hewan meskipun sudah dimanfaatkan susu, daging, kulit dan bulunya untuk menjadi aneka macam macam produk, tetap saja tidak akan mengalami kemusnahan. Karena binatang yakni makhluk hidup yang sanggup dibudidayakan atau dikembangbiakkan oleh peternak.

5. Sinar Matahari
Seperti yang diketahui bahwa energi matahari yakni Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui yang jumlahnya sangat melimpah. Walaupun energi matahari sudah banyak digunakan sebagai energi alternatif pembangkit listrik (panel surya), nyatanya energi matahari tidak berkurang apalagi habis.

Energi matahari memang sanggup diubah menjadi energi listrik sehingga sanggup dimanfaatkan untuk aneka macam keperluan menyerupai menyalakan lampu, menonton tv, dan lain sebagainya. Energi listrik yang berasal dari sinar matahari juga populer sangat kondusif dan ramah lingkungan. Sehingga masuk akal saja jikalau semakin banyak tempat yang memanfaatkan energi alternatif ini.

6. Angin
Sama halnya dengan sinar matahari, angin merupakan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui yang seringkali dijadikan sebagai energi alternatif pembangkit listrik. Kekuatan angin yang besar juga sanggup dimanfaatkan dalam sistem pengairan. Angin merupakan udara yang bergerak dan mempunyai sumber kekuatan alam dengan kuantitas yang tidak terbatas. Selain ramah lingkungan, energi listrik yang dihasilkan dari kekuatan angin juga sangat murah.

7. Geothermal (Panas Bumi)
Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui selanjutnya yakni Geothermal. Sekedar informasi, Geothermal yakni geothermal yang dikala ini sedang dikaji sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. Geothermal banyak dipilih alasannya yakni ramah lingkungan dan mempunyai energi yang bersih. Meskipun di Indonesia energi pembangkit listrik ini belum umum digunakan, faktanya banyak negara-negara besar yang sudah beralih memakai energi geothermal untuk menghasilkan listrik.

Itulah tadi beberapa teladan dari Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui. Meskipun sanggup diperbaharui atau di daur ulang, insan tetap harus memanfaatkannya secara bijaksana dan diimbangi dengan proses pengelolaan yang baik. Karena jikalau digunakan secara terus-menerus tapi tidak ada kesempatan untuk mendaur ulang, mengembang biakkan atau memperbaharuinya, maka bukan mustahil jikalau sumber daya alam tersebut habis tak tersisa. Sebut saja kelangkaan aneka macam jenis binatang serta tumbuhan akhir adanya pemburuan liar tanpa memerhatikan aspek keseimbangan kondisi ekosistem.

Posting Komentar untuk "Inilah Pola Sumber Daya Alam Yang Sanggup Diperbaharui"