Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Rusia Serta Keuntungannya

Negara Rusia terletak di antara perbatasan Benua Eropa Timur dan Benua Asia. Namun, Rusia masih termasuk ke dalam Benua Eropa (lihat Peta Benua Eropa). Terdapat Pegunungan Ural yang membatasi kedua benua tersebut dan pegunungan ini melewati bab barat Rusia.  Negara ini disebut sebagai negara terbesar di dunia alasannya letaknya yang membentang di antara kedua benua, yaitu Benua Eropa dan Asia. Negara Rusia ini mempunyai luas wilayah yang sangat besar, yaitu sekitar 9 kali lipat dari luas wilayah Indonesia. Luas wilayah Rusia ialah 17.098.242 km2.

Karena Negara Rusia mempunyai luas wilayah yang sangat besar, dan terletak di perbatasan dua benua, negara ini mempunyai aneka macam sumber daya alam (lihat negara dengan sumber daya alam terbesar di dunia) yang sangat menguntungkan bagi masyarakatnya. Dengan mengetahui letak astronomis dan geografisnya, Anda akan mengetahui mengapa Rusia kaya akan aneka sumber daya alam.

Letak Astronomis Rusia

Untuk mengetahui kondisi alam dari negara Rusia lebih dalam, tentu tak lepas dari letak astronomisnya. Letak astronomis itu sendiri merupakan posisi suatu negara atau wilayah yang diukur menurut garis bujur dan garis lintang. Pengertian dari garis lintang ialah garis yang berbentuk horixontal melingkari bumi, sedangkan garis bujur ialah garis vertikal yang melingkari bumi.

Garis bujur menghubungkan antara dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Setiap negara tentu mempunyai garis lintang dan garis bujur yang berbeda-beda. Setiap garis lintang dan garis bujur pada negara yang berbeda akan mengambarkan kondisi alam yang berbeda-beda pula. Berikut ialah keterangan letak astronomis negara Rusia:
  • Berdasarkan garis lintangnya, Rusia terletak pada 55,45°LU – 55,75° LU
  • Berdasarkan garis bujurnya, Rusia terletak pada 37,37° BT- 37,617° BT

Negara Rusia terletak di antara perbatasan Benua Eropa Timur dan Benua Asia Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Negara Rusia serta Keuntungannya

Letak Geografis Rusia

Sebelum mengetahui letak geografisnya, tentunya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari letak geografis itu sendiri. Letak geografis merupakan letak wilayah atau negara dilihat dari bagaimana letak dan bentuknya di permukaan bumi.

Letak geografis suatu negara sanggup menjadi hal yang penting dalam melihat kondisi perekonomian, politik, budaya, sosial, dan lain sebagainya. Letak geografis negara Rusia sanggup dibilang sangat menguntungkan. Berikut keterangannya:
  • Rusia berada di perbatasan Benua Eropa Timur dan Benua Asia. Di sebelah barat, Rusia berbatasan dengan Finlandia, Ukraina, Belarus, dan Lithuania. Sedangkan di sebelah timur terdapat Laut Pasifik.
  • Dari sebelah selatan, Rusia berbatasan dengan Korea Utara, Kazakhstan, dan Cina. Di sebelah utara Rusia terdapat Samudra Arktik.
  • Dari arah Barat Daya Rusia berbatasan dengan Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, dan berbatasan dengan negara Azerbaijan dan negara Georgia.

Lihat disini tampilan Peta Belarusia, Peta Azerbaijan, dan Peta Cina untuk memahami letak geografis Rusia.

Letak Geologis Rusia

Wilayah negara Rusia sebagian besar berada di bab bumi utara dan berada lebih akrab dengan kutub utara. Kondisi ini menimbulkan sebagian besar dari wilayah Rusia ditutupi oleh padang rumput, tundra, dan hutan taiga (lihat ciri ciri hutan hujan tropis). Rusia mempunyai pantai yang sangat panjang, namun alasannya terletak akrab dengan kutub, maka sebagian besar pantainya selalu membeku menjadi es. Berdasarkan kondisi wilayahnya, Rusia terbagi ke dalam dua bab yaitu:

1. Rusia bab Barat
Rusia bab barat terletak di tempat Eropa Timur dan berada di sebelah barat pegunungan Ural. Pegunungan Ural merupakan barisan pegunungan yang memanjang dan menjalar ke sebelah utara dan selatan sampai melewati wilayah barat dari Rusia.

2. Rusia bab Timur
Wilayah Rusia yang berada di bab timur terletak di tempat Asia. Daratan ini membentang dari bab timur pegunungan Ural sampai Samudera Pasifik.

Keuntungan Letak Geografis Rusia

Berdasarkan kondisi geografisnya, Rusia mempunyai laba dari segi sumber daya alamnya yang melimpah. Rusia mempunyai sumber daya alam dari pertambangan menyerupai batubara, mangan, logam mulia, bijih besi, gas, materi kimia alami, dan lain sebagainya (lihat juga sumber daya alam yang sanggup diperbaharui). Karena sumber daya alam di Rusia sebagian besar berasal dari pertambangan dan materi kimia, perdagangan dan industri di Rusia paling banyak bergerak di bidang tekstil, materi bakar, persenjataan, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa gosip mengenai kondisi wilayah Rusia dilihat dari aneka macam aspek, yaitu letak astronomis, geografis, geologis serta keuntungannya. Tentunya pengetahuan tersebut sanggup menambah wawasan Anda mengenai Rusia.

Posting Komentar untuk "Letak Astronomis, Geografis Dan Geologis Negara Rusia Serta Keuntungannya"