Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Tembaga Yang Paling Sering Dimanfaatkan Manusia

Apa itu Tembaga?

Tembaga merupakan logam kemerahan yang mempunyai struktur kristal kubik. Meskipun jumlahnya cukup melimpah, masih banyak orang yang tidak mengetahui apa saja kegunaan tembaga. Tembaga mempunyai tekstur yang lebih lembut daripada seng. Logam ini sanggup di kawasan dengan gampang dan sangat cocok dijadikan sebagai konduktor listrik dan juga panas.

Sekedar informasi, tembaga mempunyai reaktivitas kimia yang tergolong rendah. Ketika diletakkan pada udara yang lembab, selaput permukaan berwarna kehijauan akan muncul secara perlahan. Selaput ini dikenal dengan nama patina. Dimana fungsinya ialah melindungi logam.

Baca juga: Sifat-Sifat Logam dan Pemanfaatannya

Untuk sanggup menghasilkan tembaga, proses yang dilakukan ialah flotasi atau pengapungan busa. Tujuannya ialah untuk memekatkan semua bjji tembaga yang dibutuhkan. Tahapan selanjutnya ialah pemanggangan dan terakhir pencetakan.

 Tembaga merupakan logam kemerahan yang mempunyai struktur kristal kubik Kegunaan Tembaga yang Paling Sering Dimanfaatkan Manusia

Beberapa Kegunaan Tembaga dalam Kehidupan Manusia

Tembaga ialah senyawa yang mempunyai peranan cukup besar dalam kehidupan manusia. Kebanyakan orang mengira bahwa semua tembaga mempunyai bentuk yang keras. Namun sebenarnya, tembaga sanggup diolah menjadi zat lain yang mempunyai segudang manfaat. Salah satu keuntungannya ialah menghilangkan sulfur yang tercampur dengan minyak. Selain itu, masih ada banyak manfaat tembaga yang jarang diketahui orang. Apa saja bahwasanya kegunaan tembaga? Di bawah ini ialah beberapa diantaranya.

1. Bahan pembuat uang logam
Seperti yang diketahui bahwa uang ialah benda yang diharapkan oleh setiap manusia. Uang sendiri dibedakan menjadi dua yakni uang kertas dan uang logam. Tahukah Anda bahwa ternyata, salah satu materi logam yang dipakai untuk menciptakan uang koin ialah tembaga.

2. Menghantarkan panas dengan baik
Manfaat tembaga lainnya ialah sebagai penghantar panas. Anda tentunya pernah masuk ke dalam toko listrik bukan? Di toko tersebut, ada aneka macam alat elektronik yang memakai tembaga sebagai salah satu materi pembuatannya. Beberapa diantaranya ialah setrikaan, kipas angin, dan lain sebagainya.

Baca juga: Daerah Penghasil Tembaga di Indonesia

3. Pewarna
Kegunaan tembaga selanjutnya ialah sebagai pewarna. Tembaga yang dijadikan pewarna mempunyai warna yang biru. Kode senyawanya ialah CuSO4. Mungkin Anda pernah atau sering melihat pewarna ini. Hanya saja memang tidak banyak orang tahu bahwa materi pembuatnya ialah tembaga.

4. Bahan pembuat perhiasan
Seperti yang diketahui bahwa dalam jual beli perhiasan, tidak semua embel-embel terbuat dari emas. Karena banyak embel-embel yang dicampur dengan perunggu atau tembaga. Perhiasan yang dicampur dengan tembaga biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Makara tidak mengherankan apabila emas yang terbuat dari adonan tembaga ini mempunyai aneka macam peminat.

5. Pembuatan sutera
Sudah menjadi diam-diam umum kalau kain sutera mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi. Tapi bayak orang yang tidak tahu bahwa ada banyak industri pembuatan kain sutera yang memakai tembaga sebagai salah satu bahannya. Tembaga yang dipakai dalam pembuatan sutera akan dicampurkan dengan senyawa NH4OH.

Baca juga: Daftar Perusahaan Tambang Tembaga

6. Pembunuh hama dan serangga
Kegunaan tembaga yang harus Anda ketahui selanjutnya ialah membunuh hama sekaligus serangga. Jika Anda melihat komposisi pestisida atau obat kimia lain yang berfungsi untuk membunuh hama dan juga serangga, maka akan diketahui bahwa salah satu materi pembuatannya ialah tembaga.

Untuk sanggup membunuh serangga, maka tembaga dicampurkan dengan Ca(OH)2. Obat ini biasanya diharapkan oleh para petani dalam merawat tanamannya biar terhindar dari hama dan juga serangga.

Itulah tadi beberapa kegunaan tembaga yang sangat bersahabat dengan kehidupan dan acara manusia. Kini, Anda sudah tidak gundah lagi perihal apa saja manfaat dari tembaga bukan?

Posting Komentar untuk "Kegunaan Tembaga Yang Paling Sering Dimanfaatkan Manusia"