Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sifat-Sifat Logam Dan Manfaatnya

Apa itu Logam?

Logam ialah salah satu unsur yang membentuk bumi. Ada banyak jenis logam yang sanggup ditemukan di permukaan bumi ini. Berbagai jenis logam ini masing-masing tentu mempunyai manfaat dan sifat yang berbeda. Sifat logam yang berbeda-beda inilah yang lalu sanggup menunjukkan manfaat yang bermacam-macam pula bagi insan yang ingin memanfaatkannya.

Logam ialah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti metallon. Yang mana metallon ini merujuk pada salah satu unsur kimia yang sanggup membentuk ion serta mempunyai sifat-sifat tertentu yang menempel di dalamnya.

Baca juga: Mengenal ICP, Alat Pengukur Kadar Logam

Sifat Logam yang Bisa Dimanfaatkan dalam Kehidupan

Logam mempunyai sifat-sifat tertentu yang membedakannya dengan unsur lain menyerupai unsur non-logam misalnya. Sifat logam berbeda-beda dan bervariasi tergantung pada jenisnya. Namun ada beberapa sifat umum yang niscaya dimiliki oleh setiap logam. Sifat-sifat tersebut antara lain ialah sebagai berikut.

1. Kuat
Diantara bermacam-macam jenis logam yang sanggup dijumpai, sifat logam yang niscaya dimiliki oleh setiap logam ialah kuat. Semua jenis logam juga sama-sama berbentuk padat, kecuali satu jenis logam yang berjulukan raksa.

Sifat berpengaruh pada logam pun sanggup ditingkatkan dengan cara dicampur dengan jenis logam lain maupun dengan jenis non logam. Dengan mencampurkan logam dengan logam lain, maka akan diperoleh sifat logam gres yang nantinya sanggup semakin menunjukkan manfaat bagi manusia.

2. Bersifat Konduktor Panas
Jika berbicara perihal logam tentu tak sanggup dilepaskan dari sifatnya yang satu ini. Ya, sifat logam yang juga dimiliki oleh semua jenis logam ialah sanggup menghantarkan panas (konduktor) dengan baik. Hal ini sanggup disebabkan lantaran ketika pada salah satu potongan dari logam dipanaskan, maka elektron yang ada di dalam logam akan mendapatkan energi panas tersebut.

Adanya energi tersebut lalu juga menjadikan gerakan dan energi kinetik logam semakin bertambah cepat. Energi kinetik itu lalu disalurkan kepada elektron lain. Inilah yang lalu mengakibatkan logam menjadi panas ketika salah satu bagiannya dipanaskan.

3. Bisa Ditempa dan Dibentuk
Berbicara perihal logam niscaya tak sanggup dilepaskan dari produk-produk yang terbuat dari logam. Produk-produk ini tercipta lantaran memanfaatkan sifat dari logam yang sanggup ditempa sehingga memungkinkannya untuk dibuat menjadi banyak sekali ragam bentuk.

Sifat sanggup ditempa dan dibuat ini sanggup terjadi tergantung pada gampang tidaknya lapisan-lapisan pada atom menggelincir di atas lapisan atom yang lain. Semakin gampang lapisan-lapisan atom ini menggelincir, maka akan menciptakan logam tidak akan hancur ketika dibuat dengan cara ditempa.

4. Mengkilap
Hal lain yang menjadi ciri atau sifat logam ialah mengkilap jikalau terkena cahaya atau ketika digosok. Sifat mengkilap pada logam ini didapatkan lantaran cahaya matahari yang mengenai permukaan logam sanggup memantulkan cahaya tersebut. Hal inilah yang menciptakan logam sanggup mengkilap. Sifatnya yang mengkilap ini jugalah yang dimanfaatkan untuk menciptakan pemanis dari beberapa jenis logam.

Baca juga: Mineralogi Logam Tanah Jarang

Itulah tadi beberapa sifat logam secara umum yang harus Anda ketahui. Banyaknya jenis logam yang sanggup ditemukan di dunia ini tentu saja menciptakan sifat-sifat antar logam tersebut juga bervariasi. Belum lagi jikalau satu logam dicampurkan dengan jenis logam lain untuk membentuk logam baru, maka sudah niscaya akan menunjukkan sifat gres pada logam tersebut.

Beberapa sifat dasar pada logam di atas jugalah yang lalu dimanfaatkan untuk menciptakan beberapa produk dari logam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semoga gosip di atas sanggup menunjukkan manfaat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sifat-Sifat Logam Dan Manfaatnya"