Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Garis Khatulistiwa (Ekuator) Yaitu Pembagi Bumi Bagian Utara Dan Selatan, Ini Pengertian Lengkapnya

Garis khatulistiwa ialah garis imajiner yang membagi Bumi ke pecahan bumi utara dan pecahan bumi selatan. Nama lain Garis khatulistiwa ialah ekuator (equator). Panjang garis khatulistiwa sekitar 24.901,5 mil (40.075 kilometer) melintasi benua Amerika Selatan dan Afrika, serta sejumlah pulau dan samudera, dan melalui 13 negara diantaranya ialah Ekuador, Columbia, Brazil, Gabon, Sao Tome dan Principe, Kongo, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia, Maladewa, Kiribati, dan Indonesia.

Selain pengertian garis khatulistiwa yang sudah disebutkan di atas, beberapa jago juga mendefenisikannya sebagai berikut:
  1. Garis khatulistiwa ialah garis imajiner membagi bumi menjadi dua bab yang sama yaitu pada 0° lintang.
  2. Garis khatulistiwa ialah sebuah zona inter tropis konvergensi (ITCZ) dimana angin yang tiba dari dua arah bertemu di sekitar wilayah garis tersebut. Zona konvergensi untuk kedua angin yang bertemu ini selanjutnya akan bergerak ke utara dan selatan dengan pergeseran termal dari khatulistiwa.
  3. Garis khatulistiwa ialah kawasan dimana sinar matahari selalu tegak lurus terhadap permukaan bumi. Garis khatulistiwa yang menyerupai ini biasa disebut sebagai ekuator termal.
  4. Garis khatulistiwa ialah bundar besar bumi yang bidangnya tegak lurus dengan sumbu bidang geomagnetik. Ini dikenal sebagai ekuator magnetik bumi.

Garis khatulistiwa ialah garis imajiner yang membagi Bumi ke pecahan bumi utara dan belah Garis Khatulistiwa (Ekuator) ialah Pembagi Bumi Belahan Utara dan Selatan, Ini Pengertian Lengkapnya
Gambar garis khatulistiwa yang melewati beberapa wilayah di dunia.

Cakupan lokasi garis khatulistiwa (ekuator) ini ditunjukkan di banyak area, sehingga memungkinkan kita untuk berada di setiap pecahan bumi. Wilayah geografis di sekitarnya dikenal sebagai wilayah khatulistiwa yang mempunyai jenis iklim tertentu. Iklim tropis merupakan salah satu penciri utama wilayah yang dilewati garis ini.

Posting Komentar untuk "Garis Khatulistiwa (Ekuator) Yaitu Pembagi Bumi Bagian Utara Dan Selatan, Ini Pengertian Lengkapnya"