Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Apa Itu Bubuk Vulkanik?

Abu vulkanik ialah material berupa batuan, mineral, dan pecahan beling vulkanik berukuran kurang dari 2 mm yang keluar dari lubang (kepundan) gunung api pada ketika erupsi. Abu vulkanik tersusun oleh pecahan batuan selama letusan terjadi akhir kekuatan daya dorong gas vulkanik dalam badan gunung berapi.

Sifat debu vulkanik ialah mempunyai kekerasan 5 skala mohs, partikelnya berbentuk tidak teratur, kepingan tepinya bergerigi, dan tajam, dan mempunyai struktur vesikuler (banyak rongga). Karena sifatnya tersebut mengakibatkan debu vulkanik sebagai sebuah materi yang abrasif dan berbahaya bagi manusia, ibarat sanggup menghipnotis kesehatan (iritasi mata dan gangguan pernapasan), sanggup merusak jendela pesawat terbang, dan mengakibatkan keausan pada peralatan yang aktif bergerak.

Selain efek negatif diatas, bekerjsama debu vulkanik juga bermanfaat bagi manusia. Manfaat debu vulkanik didasarkan pada salahsatunya ialah kehadiran mineral yang terkandung di dalamnya sangat penting bagi kesuburan tanah. Kandungan mineral dalam debu vulkanik yang mempunyai kegunaan bagi tanah ibarat mangan, magnesium, zat besi, selenium dan seng.

Abu vulkanik ialah material berupa batuan Jelaskan Apa itu Abu Vulkanik?

Untuk lebih memahami mengenai Abu Vulkanik, silahkan menuju tautan geologinesia dibawah ini:
Hujan Abu Vulkanik Beserta Dampaknya

Pertanyaan lainnya yang berafiliasi dengan debu vulkanik ialah sebagai berikut:
Apa yang dimaksud dengan debu vulkanik?
Sebutkan dan jelaskan sifat debu vulkanik?
Sebutkan ancaman debu vulkanik?
Sebutkan kandungan dari debu vulkanik?
Apa manfaat debu vulkanik
Jelaskan efek kasatmata dan negatif debu vulkanik bagi manusia?

Posting Komentar untuk "Jelaskan Apa Itu Bubuk Vulkanik?"