Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Selat ? Bagaimana Fungsi Pentingnya Bagi Manusia

Indonesia yaitu sebuah negara maritim yaitu negara dengan luas lautan yang lebih luas kalau dibandingkan dengan wilayah daratannya. Sebagai sebuah negara maritim, tak heran kalau Indonesia mempunyai banyak kekayaan yang berasal dari laut, mulai dari produk sampai kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya.

Salah satu kekayaan alam maritim yang dimiliki Indonesia yaitu selat. Selat yaitu salah satu kenampakan alam maritim yang begitu gampang ditemui di Indonesia, alasannya yaitu hampir setiap pulau yang terpisah selalu dihubungkan oleh selat, baik selat dengan skala yang besar maupun kecil.

Pengertian Selat

Sebelum mulai mencar ilmu lebih jauh ihwal selat, tentu perlu juga untuk mengetahui apa itu selat. Selat yaitu sebuah maritim sempit yang terletak diantara dua pulau dan menghubungkan kedua pulau tersebut. Banyaknya pulau-pulau di Indonesia, baik pulau besar maupun pulau kecil, menciptakan jumlah selat yang ada di Indonesia juga semakin banyak.

Sebut saja beberapa diantaranya yaitu selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, atau yang terkenal, Selat Malaka yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Malaysia. Masih ada banyak lagi selat-selat yang dapat ditemukan di Indonesia.

Fungsi Penting Selat untuk Kehidupan

Karena menjadi penghubung antara satu pulau dengan pulau lainnya atau bahkan dengan negara lain, selat tentu mempunyai fungsi atau peranan yang signifikan. Fungsi utama selat yaitu tentu saja untuk menghubungkan satu daratan dengan daratan lain. Selain itu, selat juga mempunyai tugas lain yang tak kalah penting, diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Jalur Transportasi Laut
Peran paling penting dari selat yaitu sebagai jalur transportasi. Indonesia yang terdiri dari banyak sekali pulau besar dipisahkan oleh maritim diantaranya. Termasuk selat yang juga potongan dari laut, maka untuk dapat mencapai pulau lain, selat yaitu jalur transportasi yang penting alasannya yaitu selatlah yang menghubungkan lautan antara kedua pulau tersebut.

2. Sumber Perikanan yang Melimpah
Disadari atau tidak, selat yaitu sumber perikanan yang begitu melimpah. Hal ini alasannya yaitu selat yaitu maritim yang juga menjadi jalur dari perpindahan ikan. Selain itu, perbedaan suhu antara di selat dengan maritim lepas juga menjadi penyebab banyaknya ikan yang berlalu lalang di tempat selat.  Karena itulah banyak yang memanfaatkan selat sebagai lokasi untuk menangkap ikan yang strategis.

3. Pusat Perekonomian Masyarakat
Sebagai salah satu jalur transportasi yang penting, selat juga memegang tugas penting dalam meningkatkan perekonomian penduduk sekitarnya. Tak jarang di tempat selat didirikan sarana publik yang mendukung acara kapal yang akan menyeberang. Inilah yang kemudian dapat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Dengan adanya kapal yang akan menyeberang melalui selat, banyak pelabuhan dibentuk di tempat selat. Adanya pelabuhan ini kemudian menciptakan kapal-kapal yang hendak menyeberang pun akan singgah. Kapal-kapal yang singgah itu tak jarang merupakan kapal dagang yang nantinya dapat memperlihatkan laba bagi masyarakat sekitar.

Selain itu juga, tak jarang sentra peradaban ataupun kota-kota besar yang maju merupakan kota pelabuhan yang terletak di pinggir selat. Sebut saja Singapura, Istanbul, San Fransisco dan masih banyak lagi lainnya.

Selat tidak hanya merupakan kenampakan alam maritim yang timbul alasannya yaitu adanya fenomena alam berjuta-juta tahun yang lalu. Sebagai penghubung antara dua daratan dan terletak di dua wilayah perairan, selat tentu saja memegang peranan penting dalam kehidupan.

Salah satu tugas yang sangat penting dari selat yaitu menjadi jalur penghubung transportasi antara dua wilayah pulau maupun dua negara. Peran ini saja sudah dapat membawa pada tugas lain yang lebih signifikan, contohnya memajukan perekonomian maupun sebagai sarana wisata.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Selat ? Bagaimana Fungsi Pentingnya Bagi Manusia"