Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Jamur Dengan Tumbuhan

Terdapat sekitar 77.000 spesies jamur di bumi yang telah teridentifikasi dan diperkirakan masih ada lebih banyak lagi yang belum teridentifikasi. Jamur tidak masuk ke dalam kingdom plantae walaupun secara kasat mata menyerupai dengan tumbuhan. Satu-satunya persamaan antara jamur dengan flora yaitu kedua kelompok organisme tersebut tidak sanggup bergerak bebas. Jamur dan flora mempunyai banyak perbedaan sebagai berikut.      


Jamur yaitu organisme heterotroph
Organisme heterotroph yaitu organisme yang tidak sanggup memproduksi makanan dari material anorganik (tidak melaksanakan proses fotosintesis). Tumbuhan mempunyai klorofil sehingga bisa melaksanakan fotosintesis sehingga disebut organisme autotroph. Jamur tidak mempunyai klorofil sehingga tidak sanggup melaksanakan proses fotosintesis. Jamur memperoleh makanan dengan mensekresikan enzim kepada substrat dan menyerap hasil pencernaan enzim tersebut.

Jamur berbentuk filament
Tubuh jamur tersusun atas struktur menyerupai benang yang disebut hifa. Struktur menyerupai benang ini saling terajut dan membentuk struktur jamur menyerupai yang sanggup kita lihat. Benang hifa sanggup dilihat dengan terperinci pada jamur tempe (Rhizopus) dikala tumbuh pada substrat kedelai.

Jamur tidak menghasilkan gamet
Tanaman menghasilkan gamet, berupa ovum yang terletak pada dasar putik dan serbuk sari. Jamur tidak memproduksi struktur gamet untuk reproduksi generative. Reproduksi generative gamet dilakukan dengan penyatuan hifa yang berbeda sifat.

Dinding sel jamur terbuat dari khitin
Dinding sel flora terbuat dari seluosa dan lignin, sedangkan dinding sel jamur terbuat dari zat khitin.

Jamur mengalami mitosis nucleus
Mitosis pada flora terjadi dengan pembelahan nucleus disertai pembelahan sel. Pada jamur terjadi mitosis nukleus (pembelahan nukleus) tapi tidak disertai dengan pembelahan sel.

Dengan dasar perbedaan-perbedaan jamur dengan flora tersebut, jamur dikelompokkan ke dalam kingdom tersendiri yaitu kingdom fungi. Kingdom fungi dikelompokkan lagi menjadi Basidiomicotina, Ascomicotina, Zigomicotina, dan Deuteromicotina.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Jamur Dengan Tumbuhan"