Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kadal Basilisk Ini Dapat Berlari Di Atas Air

Plumed basilisk berlari di atas air
Apabila anda yaitu pembaca novel Harry Potter anda niscaya pernah mendengar nama basilisk, ia yaitu binatang buas berbentuk ular yang akan menciptakan orang yang melihat matanya bermetamorfosis batu. Namun basilisk dalam artikel ini bukanlah basilisk monster dalam novel Harry Potter, namun yaitu benar-benar binatang orisinil yang unik. Mereka mempunyai kemampuan yang sangat Istimewa yaitu sanggup berlari di atas air.

Kadal yang hidup di wilayah Amerika tengah dan selatan ini mempunyai nama lain Kadal Jesus. Basilisk mempunyai sirip pada bab atas kepala, punggung, dan ekornya. Sirip tersebut dipakai untuk menagkap panas matahari yang digunakannya untuk membantu proses pencernaan. Kadal ini mempunyai jari kaki belakang yang panjang yang sanggup digunakannya untuk membantu berlari di atas air.

Red-shouldered hawk, salah satu pemangsa basilisk
Basilisk hanya akan berlari di atas air dikala merasa terancam oleh kedatangan binatang pemangsa. Saat basilisk mengetahui ada pemangsa mendekat, ia akan berlari dengan cepat untuk menghindari pemangsa tersebut. Seringkali, untuk menghindari pemangsanya, basilisk akan berlari di atas air untuk menyeberangi sungai. Bagaimana bisa seekor kadal bisa berlari di atas air?

Saat berlari di air, basilisk akan membentuk jari kaki belakagnya untuk bisa berfungsi layaknya dayung perahu. Dengan kecepatan larinya yang mencapai 11 km/jam dan tubuhnya yang kecil, ia bisa terus berlari di atas air tanpa tenggelam. Kadal basilisk bisa berlari di atas air sejauh 5 hingga 10 meter sebelum balasannya ia akan karam dan lalu meneruskan dengan berenang. Dia hanya berlari dengan kaki belakangnya, hal ini membantunya memperoleh kecepatan yang tinggi untuk bisa menyeberangi sungai.

Ada beberapa jenis basilisk yang semuanya hidup di Amerika tenah dan selatan, mereka yaitu common basilisk, red-headed basilisk, plumed basilisk, dan brown basilisk. Hewan unik ini yaitu omnivora pemakan binatang kecil, daun, dan buah kecil yang sanggup ditemukannya. Sedangkan binatang pemangsa basilisk umumnya yaitu burung elang, ular, dan mamalia kecil menyerupai musang.

Posting Komentar untuk "Kadal Basilisk Ini Dapat Berlari Di Atas Air"