Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Gerakan Badan Menurut Arahnya


Gerakan tubuh insan terjadi alasannya ialah imbas dari kontraksi dan relaksasi otot. Berbagai macam otot yang menyusun tubuh insan ujungnya menempel pada tulang sehingga sanggup menggerakkan tulang tersebut. Berdasarkan arahnya, gerak-gerak anggota tubuh sanggup dibedakan sebagai berikut.

No
Jenis gerakan
Arah gerakan
1
Abduksi
Menjauhi badan
2
Adduksi
Mendekati tubuh
3
Ekstensi
Meluruskan
4
Fleksi
Menekuk
5
Supinasi
Menengadahkan tangan
6
Pronasi
Menelungkupkan tangan
7
Depresi
Menurunkan
8
Elevasi
Mengangkat

Contoh gerak abduksi ialah gerakan tangan yang menjauh dari poros badan, misal saat seseorang berperan menjadi seekor burung dan mengangkat tangannya seolah-olah menjadi sayap. Ketika tangan diangkat, tangan akan menjauhi poros tubuh. Sedangkan gerakan adduksi ialah kebalikan dari gerakan tersebut.

Gerak ekstensi contohnya terjadi saat seseorang lelah duduk bersila lalu duduk dengan meluruskan kakinya sehingga tidak tertekuk. Sedangkan fleksi terjadi saat beliau kembali bersila atau duduk dengan menekuk kakinya.

Supinasi sanggup terjadi saat seseorang meminta derma orang lain dengan menengadahkan telapak tangan, sedangkan pronasi ialah gerakan orang yang memberi dengan  menelungkupkan telapak tangannya.

Gerak depresi terjadi saat seseorang menurunkan kotak dari atas almari, dan elevasi terjadi saat orang tersebut mengembalikan kotak tersebut di atas almari menyerupai semula.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Gerakan Badan Menurut Arahnya"