Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bee Hummingbird, Burung Terkecil Di Dunia

Bee Hummingbird (Mellisuga helenae)
Bee Hummingbird atau dalam bahasa Indonesia berarti kolibri lebah, merupakan burung terkecil di dunia. Ukuran burung mungil ini hanya 5,7 cm dari ujung ekor sampai ujung paruh. Burung ini mempunyai kaki yang sangat kecil sebab jarang dipakai untuk bertengger. Karena kakinya yang kecil inilah ia dimasukkan ke dalam ordo Apodiformes, satu ordo dengan burung wallet.  

Saat terbang, burung ini mengepakkan sayapnya 200 kali setiap detik sehingga menjadikan bunyi seakan-akan dengungan sayap lebah. Burung yang tinggal di Cuba ini sanggup terbang maju, mundur, ke atas, ke bawah, bahkan ketika menemukan bunga ia sanggup berhenti di udara untuk menghisap nektar.

Burung ini aktif di siang hari, mencari makan berupa nektar bunga. Karena kebutuhan energinya yang tinggi, burung ini mengunjungi sekitar 2000 bunga setiap hari. Nektar dihisap memakai paruhnya kecil yang panjang. Aktivitasnya dalam menghisap nektar sanggup membantu penyerbukan banyak spesies bunga, ia membuatkan polen dari satu bunga menuju bunga lainnya. Saat malam, ia akan beristirahat, bertengger di pohon untuk menghemat energi.

Posting Komentar untuk "Bee Hummingbird, Burung Terkecil Di Dunia"