Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Interaksi Antar Komponen Biotik

Komponen biotik ialah makhluk hidup yang ada di suatu ekosistem. Suatu jenis makhluk hidup tidak sanggup hidup sendiri, mereka harus berinteraksi dengan organisme lain untuk sanggup terus bertahan hidup. Interaksi-interaksi tersebut ada yang menguntungkan kedua belah pihak, menguntungkan salah satu pihak, ataupun merugikan salah satu pihak. Interaksi yang terjadi antar makhluk hidup dalam ekosistem ialah sebagai berikut.

Predasi (termasuk parasitisme)
Merupakan hubungan dimana salah satu jenis akan memangsa jenis yang lain. Yang dimaksud memangsa disini sanggup memangsa seluruh cuilan badan ataupun hanya memangsa sebagian kecil dari tubuhnya. Contoh predasi ialah interaksi antara singa dengan rusa, dan kutu dengan kucing.

Kompetisi
Merupakan hubungan yang menyebabkan munculnya persaingan antara dua jenis makhluk hidup. Kompetisi menyebabkan munculnya rasa saling memusuhi sebab kedua belah pihak merasa paling pantas untuk memperoleh apa yang diinginkannya. Contoh kompetisi ialah harimau dengan macan tutul, keduanya berkompetisi untuk mendapat babi hutan sebagai makanannya.

 Komponen biotik ialah makhluk hidup yang ada di suatu ekosistem Interaksi Antar Komponen Biotik
Komensalisme antara ikan hiu dan remora

Komensalisme
Merupakan hubungan yang menyebabkan satu jenis makhluk hidup memperoleh keuntungan, sedangkan jenis yang lain tidak dirugikan. Komensalisme tidak memunculkan kerugian pada pihak manapun. Contoh komensalisme ialah ikan remora dan ikan hiu. Remora memperoleh sisa-sisa kuliner dan kontribusi dari hiu, sedangkan hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan oleh adanya ikan remora yang melekat pada tubuhnya.

Mutualisme
Merupakan hubungan yang menyebabkan laba pada kedua belah pihak. Contohnya ialah pada kerbau dan burung jalak. Kerbau memperoleh laba sebab kutu tubuhnya dimakan jalak, sedangkan jalak sendiri memperoleh kuliner yang sangat disukainya.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Interaksi Antar Komponen Biotik"