Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taktik Sepak Bola Populer Ampuh

Sepak bola bukanlah sebuah ilmu matematika yang memakai rumus. Permainan yang terdiri dari dua kesebelasan itu sudah terang tidak dapat dihitung-hitung. Selama 90 menit pertandingan, tidak ada yang dapat mengira apa terjadi ketika 'Si Kulit Bundar' bergulir. Manajer atau instruktur sepak bola pun harus memiliki Taktik Sepak Bola yang ampuh untuk mencetak gol selama pertandingan berlangsung. Sepanjang sejarah, ada sembilan Taktik Sepak Bola Terkenal Ampuh yaitu :


Baca juga artikel yang berkaitan dengan "Sepakbola" : Klub sepakbola eropa yang belum pernah terdegradasi.

1. Verrou 
Dalam bahasa Prancis, Verrou berarti rantai. Ini merupakan taktik sepakbola dengan pertahanan berlapis layaknya rantai baja. Taktik menyerupai ini berpusat pada pemain yang berkaratker sangat defensif. Sang penggerak gaya permainan ini, Karl Rappen berpikiran kalau kunci kesuksesan dalam melaksanakan serangan berawal dari kokohnya pertahanan. Gaya permainan ini sangat terkenal di tahun 1950-an. 

2. Jogo Bonito 
Jogo Bonito berasal dari bahasa Portugis yang artinya permainan cantik. Taktik sepakbola Jogo Bonito identik dengan huruf permainan Timnas Brasil. Dalam gaya permainan menyerupai ini, para pemain lebih banyak melaksanakan pergerakan lincah menyerupai menari-nari di lapangan untuk mengelabui lawan. Jogo Bonito juga sudah menjadi kebiasaan orang Brasil dalam bermain sepak bola. Jogo Bonito mulai tenar pada tahun 1950-an dengan ditandai kesuksesan Brasil menjuarai Piala Dunia 1958 dengan mengalahkan Swedia 5-2. 

3. Kick & Rush 
Kick and Rush berasal dari bahasa Inggris, yang berarti: tendang dan serbu. Gaya permainan ini memadukan dua unsur, yaitu kekuatan dan kecepatan. Charles Reep yaitu orang pertama yang menerapkan gaya permainan ini. Biasanya, gaya permainan Kick and Rush dikombinasikan dengan umpan-umpan silang dari sektor sayap. Dengan mengandalkan kecepatan dan fisik, akan banyak tercipta peluang mencetak gol. Tim-tim asal Inggris sering memakai permainan menyerupai ini. 

4. Total Football 
Gaya permainan itu sangat identik dengan Timnas Belanda dan tim-tim asal negeri Kincir Angin tersebut, menyerupai Ajax Amsterdam hingga PSV Eindhoven. Total Football merupakan gaya permainan yang mengandalkan kolektivitas tim ketika melaksanakan serangan dan bertahan. Saat dalam bertahan, pemain yang berposisi sebagai penyerang diwajibkan untuk membantu pertahanan, begitu pun sebaliknya. Jadi, taktik menyerupai ini memungkinkan setiap pemain melaksanakan perubahan posisi kapan pun ia mau. Total Football muncul kali pertama dari anutan Rinus Michel dan mulai terkenal di masyarakat pada tahun 1960 hingga 1970-an. 

5. Catenaccio 
Catenaccio merupakan gaya permainan yang memainkan bola di tempat pertahanan sendiri sambil menunggu waktu yang sempurna untuk melaksanakan serangan balik. Ciri khas taktik ini yaitu man to man marking dan pemain yang berfungsi sebagai libero. Gaya permainan semacam ini muncul berkat buah anutan dua orang asal Italia dan Argentina, yakni Nereo Rocco dan Franco Helenio Herrera. Gaya Catenaccio berhasil mengantar Inter Milan memenangi Piala Champions tahun 1963 dan 1964 bersama Herrera. Catenaccio sendiri berasal dari bahasa Italia, yang artinya gerendel. 

6. Tiki Taka 
Saat masih menjadi instruktur Barcelona tahun 1988, Johan Cruyff memperkenalkan taktik gres berjulukan Tiki-taka. Taktik menyerupai ini mengandalkan umpan-umpan pendek dengan pergerakan yang dinamis. Para pemain harus memindahkan bola melalui bermacam-macam cara, serta mempertahankan penguasaan bola. Seiring berjalannya waktu, Louis van Gaal dan Frank Rijkaard yang pernah melatih Barcelona memodifikasi Tiki-taka. Hingga ketika ini, taktik tersebut sangat kental dengan Los Blaugrana (sebutan Barcelona). 

7. Parkir Bus 
Kesal dengan permainan Tiki-taka, instruktur jenius Chelsea, Roberto Di Matteo mencari cara untuk mematikan gaya permainan tersebut. Dia pun menemukan sebuah gaya permainan gres yang dinamai Parkir Bus. Dinamakan Parkis Bus alasannya yaitu gaya permainan ini ultra defensif yang menumpuk pemain di area kotak penalti sendiri semoga tidak kemasukan bola. Biasanya, ada sembilan pemain yang berada di kotak penaltinya sendiri. Pemain yang berposisi sebagai gelandang, bahkan penyerang berada di kotak penalti. Mereka layaknya sebuah bus yang sedang terparkir di depan gawang. 

8. Body Crash Football 
Gaya permainan ini sangat mengandalkan fisik yang sangat keras. Body Crash Football sangat mengandalkan kekuatan serta ketahanan fisik para pemainnya. Dalam gaya permainan menyerupai ini, tidak jarang kalau pemain bakal mempertahankan bola memakai tubuhnya. Biasanya, Body Crash Football menjadi gaya permainan andalan tim asal Afrika, Denmark, Swedia dan Norwegia. 

9. Tango 
Tango merupakan gaya permainan yang identik dengan para pemain asal Argentina. Gaya menyerupai ini mengandalkan skill individu pemain dengan dipadukan kolaborasi tim. Jika diperhatikan, Tango menyerupai dengan gaya permainan Jogo Bonito milik Brasil. Tapi ada perbedaannya, jikalau Jogo Bonito lebih memanfaatkan kelincahan tubuh, maka Tango mengandalkan kelincahan serta kecepatan kaki pemainnya. Beberapa pemain yang sering memakai gaya permainan Tango yaitu Diego Maradona, Lionel Messi hingga Sergio Aguero.


Posting Komentar untuk "Taktik Sepak Bola Populer Ampuh"